UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Nunukan Selatan

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Nunukan Selatan

Pengarang : Siska

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa dengan menerapkan model pembelajaran numbered head together (nht) berbantuan media audio visual pada siswa kelas viii smpn 3 nunukan selatan. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang terdiri atas dua siklus. pada tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan, dengan tahapan pada setiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, lembar penilaian (mengukur aspek sikap dan ketrampilan) serta tes hasil belajar dan lembar kerja siswa (mengukur aspek pengetahuan). hasil penelitian menunjukan model pembelajaran numbered head together (nht) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas viii smpn 3 nunukan selatan. secara klasikal nilai siswa dari siklus i ke siklus ii terdapat peningkatan pada ketiga aspek yang diukur yaitu, aspek pengetahuan pada siklus i yaitu 50% dan siklus ii mengalami peningkatan yaitu 79%. pada aspek sikap persentase siswa yang memperoleh nilai dengan kategori minimal baik pada siklus i yaitu 64% dan siklus ii mengalami peningkatan yaitu 96%. sedangkan aspek keterampilan, persentase siswa yang memperoleh nilai dengan kategori minimal baik pada siklus i yaitu 61% dan siklus ii mengalami peningkatan yaitu 86%. nilai siswa secara klasikal yang diperoleh tersebut telah mencapai indikator ketuntasan yaitu 75%. hasil pengamatan aktivitas guru mengajar siklus i 82 dengan kategori sangat baik, siklus ii 86 dengan kategori sangat baik dan hasil aktivitas siswa siklus i 70% dengan kategori baik, siklus ii 93% berkategori sangat baik.

Abstrak Indonesia

This study aimed to improve science achievement of the eighth grade students at smpn 3 nunukan selatan by applying the numbered head together (nht) learning model assisted by audio-visual media. this was a classroom action research (car) which consisted of two cycles. each cycle consisted of two meetings followed by stages of planning, action,observation and reflection. the instruments used in this study were observation sheets of teacher activities and student activities, assessment sheets (aspects of attitude and skills), test results and student worksheets (aspects of knowledge). the results showed thet the nht assited by audio-visual media improved science achievement of the eighth grade students at smpn 3 nunukan selatan. classically, there was an increase in the learner achievement from the first cycle to the second cycle in all three aspects measured. for the aspect of knowledge there was an inscrease from 50% in the first cycle to 79% in the second cycle. for the aspect of attitude there was an increase from 64% in the first cycle to 96% in the second cycle. for the aspect of skills there was an increase from 61% in the first cycle to 86% in the second cycle. the students’ scores reached the completeness indicator (75%). in addition, the observations result of teacher teaching activities in the first cycle was 82 (very good category) and the second cycle was 86 (very good category). the observation result of student activities in the first cycle was 70% (good category) and in the second cycle was 93% (very good category).