UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Students’ Needs Analysis In Teaching and Learning Process Of English Subject For Eleventh Grade Students At SMA Patra Dharma Tarakan 2019/2020

Students’ Needs Analysis In Teaching and Learning Process Of English Subject For Eleventh Grade Students At SMA Patra Dharma Tarakan 2019/2020

Pengarang : Markus

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan belajar bahasa inggris untuk siswa kelas sebelas sma patra dharma tarakan. analisis kebutuhan merupakan tahapan yang penting dilaksanakan pada awal proses kegiatan belajar pembelajaran. desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, kuisioner, dan wawancara. siswa yang menjadi responden dalam menjawab kuisioner sebanyak 70 orang. ada guru bahasa inggris kelas sebelas yang menjadi responden wawancara dalam penelitian ini. dalam tahap analisis kebutuhan, pertama observasi proses belajar dan mengajar guru didalam kelas, kedua siswa diminta untuk mengisi lembar kuisioner, melakukan wawancara dengan guru bahasa inggris dan enam siswa dari kedua kelas. aspek yang dianalisis dalam penelitian ini terbagi menjadi beberapa sub indikator yang meliputi: 1) kebutuhan; 2) kekurangan; 3) keinginan; 4) kemampuan bahasa inggris; 5) alokasi waktu; 6) media pembelajaran; 7) evaluasi pembelajaran; 8) skor siswa. kedelapan indikator ini dimasukkan dalam instrument penelitian yang telah tersusun baik dan sesuai untuk digunakan pada kelas sebelas sma patra dharma tarakan. hasil dari penelitian ini adalah laporan kebutuhan belajar bahasa inggris siswa kelas sebelas sma patra dharma tarakan. hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi guru dan sekolah sebagai pertimbangan untuk melaksanakan proses belajar dan pembelajaran dikelas sesuai dengan kebutuhan siswa.

Abstrak Indonesia

Need analysis is an important stage carried out at the beginning fo the learning process. this study aimed to analyze the learning needs of english for the eleventh grade students of sma patra dharma tarakan. the design of this research was quantitative descriptive. the information needed in this study was obtained from observations, questionnaires, and interviews. respondents in answering the questionnaire were 70 students. the eleventh grade english teachers and six students were interviwed. the phases in the needs analysis were observation of the learning process and the teacher’s teaching in the classroom, asking the students to fill up the questionnaires, conducting interviews with the english teacher and six the students. there were eight indicators of learning needs analyzed in this study: 1) needs; 2) shortcoming; 3)wishes; 4) english language skills; 5) time allocation; 6) learning media; 7) evaluation of learning; 8) student scores. these eight indicator were included in the research instrument. the results of this study was in the form of a report of the english learning needs of eleventh grade students at sma patra dharma tarakan. the results of this study are expected to be a reference for teachers and schools as a consideration for carrying out teaching and learning process based on students needs.