
English Learning Strategies Used By The Seventh Grade Students At SMP N 8 Tarakan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020Abstrak Indonesia
Abstrak penelitian ini bermaksud menjawab dua pertanyaan terkait strategi pembelajaran yang digunakan oleh siswa kelas tujuh smp n 8 tarakan. pertama, berapa persentase dalam strategi pembelajaran yang digunakan oleh siswa dalam pembelajaran bahasa inggris? kedua, strategi pembelajaran apa yang paling dominan yang digunakan oleh siswa dalam pembelajaran bahasa inggris. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. peneliti mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan oleh siswa kelas tujuh. populasi dari penelitian ini adalah 215 siswa dan peneliti mengambil 5% dari jumlah populasi yang berjumlah 141 siswa sebagai sampel. di samping itu, peneliti menggunakan microsoft exel 2010 untuk menganalisis data untuk mengetahui persentase dari strategi pembelajaran. instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dan wawancara. kuisioner yang digunakan adalah kuisioner tertutup dan jenis wawancara yang digunakan adalah jenis wawancara berstruktur. hasil dari penelitian ini, peneliti menunjukkan bahwa strategi yang sering digunakan oleh siswa kelas tujuh smp n 8 tarakan adalah metacognitive strategi yang persentasenya adalah 65% dan yang paling jarang digunakan adalah compensation strategi yaitu 43%. abstract this study sought to answer two questions related to learning strategies used by seventh grade students of smp n 8 tarakan first, what was the percentage of learning strategies used by the students in learning english? second, what was the most dominant learning strategy used by the students in learning english. this research used a quantitative descriptive method. the researcher described the learning strategies used by the seventh grade students. the population of this study was 215 students and the researcher took 5% (141 students) of the total population as the samples. in addition, a microsoft excel 2010 was used to analyze the data to find out the percentage of learning strategies. the instruments used in this study were a closed questionnaire and structured interview. the results showed that the strategy most frequently used by the seventh grade students of smp n 8 tarakan was metacognitive strategy (65%) and the least used was compensation strategy (43%).
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi