
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X Di SMK Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Siti Hardianti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas x di smk negeri 1 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020. jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksp erimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas x di smk negeri 1 tarakan. sampel dalam penelitian ini adalah kelas x tata boga 1 dengan jumlah siswa 35 orang sebagai kelas kontrol dan kelas x bisnis daring dan pemasaran 1 dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas eksperimen. teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa unjuk kerja kepada siswa. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas x di smk negeri 1 tarakan dengan nilai yang diperoleh thitung 5,010 pada taraf signifikan ? 0,05 dengan df= 69 diperoleh nilai ttabel 1,66724 berarti thitung ? ttabel, yaitu 5,010 ? 1,66724 artinya ada pengaruh yang signifikan. model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa. hal tersebut dikatakan berpengaruh terhadap siswa karena pada kelas eksperimen siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran terlebih ketika mengungkapkan pendapatnya dan lebih terarah pada hal berbicara. pada kelas kontrol siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran terlebih ketika berbicara untuk mengungkapkan pendapatnya. oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi