UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Circuit Learning (CL) Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Tarakan

Pengaruh Model Circuit Learning (CL) Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Tarakan

Pengarang : Lia Fatra Kamila

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model circuit learning (cl) dalam keterampilan menulis naskah drama siswa kelas viii di smp negeri 6 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2019 di smpn 6 tarakan. penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian pretest-posttest control grup design. populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas viii smpn 6 tarakan sejumlah 161 siswa. sampel penelitian dengan teknik simple random sampling yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas viii-g sebagai kelas eksperimen dan kelas viii-f sebagai kelas kontrol. data dianalisis menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software spss version 16.0. berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis uji statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh ttabel 1,680 berarti thitung ? ttabel (3,196 ? 1,680) artinya ho di tolak dan ha di terima. sehingga penggunaan model pembelajaran circuit learning (cl) efektif dalam menulis naskah drama pada siswa kelas viii di smpn 6 tarakan.

Abstrak Indonesia

This study aimed at investigating the effect of circuit learning (cl) model in the writing of drama scripts for eighth grade students of smp negeri 6 tarakan. conducted in july 2019, this research used a quasi-experiment with pretest-posttest contol group design. the population in this study were all the 161 eighth grade students of smp negeri 6 tarakan. the research sample which was divided into two classes, class viii-g as the experimental group and class viii-f as the control group, was taken by using random sampling technique. data were analyzed with independent sample t-tests with the help of spss version 16.0. results of the analysis showed that the value of calculated t (3.196) was equal or greater than the value of critical t (1,680). the results indicated that ho was rejected and ha was accepted which meant that the use of cl learning model was effective in helping eighth grade students of smp negeri 6 tarakan to write drama scripts.