
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi 2 Dimensi (Animaker) Materi Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Linda Devi Yuvitasari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa animasi 2 dimensi (animaker) dan untuk mengetahui keefektifan media dan model penelitian yang dimodifikasi oleh borg and gall. tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan mencari potensi dan masalah, mengumpulkan data, mendesain produk, melakukan validasi desain, revisi produk, setelah itu di diujicobakan untuk melakukan tes hasil belajar dan memberikan penilaian produk pada peserta didik, tahap akhir ialah melakukan revisi produk agar menjadi lebih baik. analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase dan analisis inferensial. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dan memenuhi syarat yang digunakan sebagai media video animasi 2 dimensi (animaker). hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi materi sebesar 90%, hasil validasi media sebesar 95% dan hasil validasi bahasa sebesar 82,5% serta hasil respon peserta didik sebesar 83%. hasil perhitungan diperoleh pada ? = 5 % dengan dk=21-1 = 20 diperoleh t tabel = 2,086. didapat t hitung = 7,468 ? t tabel = 2,086. karena t hitung ? t tabel maka hipotesis (ha) diterima. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video animasi pembelajaran ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran berdasarkan tabel presentase kelayakan.
Abstrak Indonesia
The purpose of the research was to develop a product in the form of 2-dimensional animation (animaker) and to determine the effectiveness of the media. the research model was modified by borg and gall. the development stages of the research were started by finding the potential and the problem, collecting the data, designing the product, conducting design validation, revising the product. after that, it was tested to find the learning outcome and provided the product assessment to the students. the final stage, it was to revise the product so that it became a better product. data analysis was conducted by descriptive percentage and inferential analysis. the results of the research indicated that the developed media has met the eligibility and requirements to be used as 2-dimensional animation video media (animaker). the results of the product validation were as follows the material expert validation results by 90% media expert validation result by 95% and language expert validation results by 82.5% and the result of the student responses by 83%. the calculation results obtained at = 5% with dk = 21-1 = 2- obtained t table = 2.086. obtained t count = 7,468 > t table = 2, 086. because t count > t table, the concluded that the learning animation video media was feasible and effective to use in learing referring the feasibility percentage table.