UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran DONAT (Domino Matematika) untuk Siswa Kelas XIII SMP Negeri 2 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran DONAT (Domino Matematika) untuk Siswa Kelas XIII SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Wartini

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di smp negeri 2 tarakan pada kelas viii. tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengembangkan produk berupa media pembelajaran donat (domino matematika) yang layak dan praktis digunakan untuk siswa kelas viii smp negeri 2 tarakan dengan materi persamaan garis lurus. model pengembangan yang digunakan adalah model 4-d (four-d) yang terdiri dari 4 tahapan meliputi tahap define, design, development, dan disseminate. namun peneliti hanya menyelesaikan sampai tahap ke-3 yakni development. pada tahap pengembangan (development) dilakukan validasi produk yang terdiri dari validasi isi atau materi, validasi media dan validasi bahasa. kemudian dilanjutkan dengan uji coba produk meliputi uji coba terbatas yang melibatkan 8 siswa dan uji lapangan yang melibatkan 30 siswa. hasil analisis menunjukan bahwa media pembelajaran donat (domino matematika) yang dikembangkan bedasarkan hasil validasi dari ketiga validator memperoleh presentase kelayakan sebesar 90,23% (sangat layak). selanjutnya hasil analisis dari respon siswa setelah uji coba terbatas memperoleh presentase 86,67% (sangat praktis) dan untuk hasil uji lapangan utama memperoleh presentase 85,52% (sangat praktis). jadi, media pembelajaran domino matematika (donat) yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikatakan layak dan praktis untuk digunakan siswa kelas viii smp negeri 2 tarakan karena telah memenuhi kualitas yakni kevalidan dan kepraktisan. kata kunci: four-d, media, pengembangan

Abstrak Indonesia

This study was research and development counducted in smpn 2 tarakan at grade viii students. this study aimed to createdand develop donat (mathematics dominoes) learning media that is expected to be valid and effectively used for grade viii students of smpn 2 tarakan for the equation of straight lines topic. 4-d (four d) used as the model in this study consists of 4 stages: define, design, develop, and disseminate. however, the researcher only completed the third stage, namely developing. product validation is carried out at the development stage, which consists of content or material validation, media validation, and language validation. then procced with product trials, including limited trials involving eight student and field trials involving 30 students. the analysis results showed that the donat (mathematics dominoes) learning media which was developed based on the validation results of the three validators, obtained a feasibility percentage of 90.23% (very feasible). fouthermore, the analysis of student responses after the limited trial obtained a percentage of 86.67% (very practical) and for the main field test results obtained a percentage of 85.52% (very practical). so, the mathematics dominoes learning media (donat) developed by the researcher can be said to be feasible and practical for grade viii students of smp negeri 2 tarakan because it has met the qualities of validity and practicality. keywords: four-d, media, development