
Pengaruh Nilai Pelanggan dan Hambatan Berpindah Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Barbershop Aldy’s Di Kota Tarakan
Pengarang : Dwi Nur Almagfiroh Haditya
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan dan hambatan berpindah terhadap loyalitas pelanggan barbershop aldy’s di kota tarakan. penelitian ini mengambil 110 responden sebagai sampel dengan metode accidental sampling. analisis menggunakan regresi linier berganda dengan loyalitas pelanggan sebagai variabel dependen sedangkan nilai pelanggan dan hambatan berpindah sebagai variabel independen. hasil uji validitas dan reabilitas menunjukkan bahwa data valid dan reliabel. berdasarkan perhitungan spss 16.0 hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai pelanggan dan hambatan berpindah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan melihat nilai signifikan masing-masing yaitu 0,000 dan 0,001. berdasarkan koefisien determinasi diperoleh nilai r square sebesar 0,727 yang artinya variabel nilai pelanggan dan hambatan berpindah mampu menjelaskan loyalitas pelanggan barbershop aldy’s di kota tarakan sebesar 72,7%, sementara sisanya sebesar 27,3% dijelaskan faktor lain yang tidak ada dalam model penelitian.
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the effect of customer value and barriers to move towards barbershop aldy's customer loyalty in tarakan city. this study took 110 respondents as samples with the accidental sampling method. the analysis uses multiple linear regression with customer loyalty as the dependent variable while customer values and barriers to move as independent variables. the results of the validity and reliability test show that the data is valid and reliable. based on spss 16.0 calculations the results of the study show that: customer value and barriers to moving have a positive and significant effect on customer loyalty by looking at significant values of 0.000 and 0.001, respectively. based on the coefficient of determination obtained r square value of 0.727, which means the variable customer value and barriers to move are able to explain the loyalty of barbershop aldy's customers in tarakan city by 72.7%, while the remaining 27.3% is explained by other factors that do not exist in the research model.