
The Analysis Of The Students’ Grammatical Error And The Using Of “Be” In Writing At The Sixth Grade Of Elementary School SDN 004 Sebengkok Tarakan
Pengarang : Tri Meli Astuti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan dalam kalimat deskriptif oleh siswa kelas vi di sdn. 004 sebengkok tarakan. jumlah sample pada penelitian ini adalah 70 siswa yang ditugaskan untuk menulis sebuah kalimat deskriptif. jumlah kata yang dibuat oleh siswa dalam menulis sebuah kalimat deskriptif adalah minimal 10 kata. data yang telah diperoleh diidentifikasi kesalahannya, kemudian diklasifikasikan ke dalam jenis-jenis kesalahan, dan ditentukan frekuensi kesalahan untuk mengetahui kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa kelas vi di sdn. 004 sebengkok tarakan. frekwensi kesalahan dihitung dalam bentuk persen. jenis kesalahan yang dibuat adalah omission errors, addition errors, miss formation errors and miss ordering errors. jumlah kalimat yang salah adalah 286 kalimat yang dibuat oleh 70 siswa, 109 kalimat masuk dalam omission errors, 117 kalimat masuk dalam addition errors, 60 kalimat masuk dalam miss formation errors, dan 0 kalimat masuk dalam miss ordering errors. frekwensi dari, omission errors adalah 38,11%, addition errors adalah 40,91%, miss formation adalah 20,98% dan miss ordering errors adalah 0%. kesalahan yang paling dilakukan oleh siswa kelas vi di sdn. 004 sebengkok adalah addition errors (40,91%) .
Abstrak Indonesia
This research is a descriptive qualitative study the objective of this study is to identify the kinds of errors in writing of descriptive sentence done by the sixth grade of elementary school sdn. 004 sebengkok tarakan. the totals of participants are 70. the students are assigned to write a descriptive sentence is minimum 10 words. the data found was identified, classified into types of error, and determined the frequency of errors to know the percent of errors to get the most error. the frequency of errors was calculated as percentage. the result of the study showed that the kinds of errors done by the sixth grade of elementary school sdn. 004 sebengkok tarakan were omission errors, addition errors, mis formation errors, and misordering errors. the totals of errors are 286 from 70 students. the total error in omision errors is 109, addition errors is 117, misformation errors is 60, and misordeirng errors is 0. the frequency of omission errors is 38,11%, the frequency of addition errors is 40,91%, the frequency of misformation errors is 20,98%, and the frequency of misformation errors is 0%. the most error done by the sixth grade of elementary school sdn. 004 sebengkok tarakan was addition and the percentage of error was 40,91%.