
A Proposed English Instructional Material Of Writing For The First Grade Students At SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Erni M.
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi ajar bahasa inggris dalam menulis kelas 1 smp muhammadiyah 1 tarakan penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. total siswa yang diminta untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner adalah 28 orang siswa. kemudian, seorang guru bahasa inggris diwawancarai oleh peneliti untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan sebagai dasar dalam perancangan materi ajar bahasa inggris. tahap pengembangan materi ajar terdiri dari; melakukan analisis kebutuhan, dan mengembangkan material ajar dalam menulis, membuat aspek-aspek yang termasuk dalam materi ajar, validasi ahli, evaluasi dan revisi, dan uji coba perancangan materi ajar. aspek-aspek perancangan materi ajar mencakup (1) unit; (2) standar kompetesi dan dasar kompetensi (3) indikator; (4) tujuan pembelajaran; (5) topik; (6) sistem penilaian; dan (7) sumber materi. dalam membuat perancangan materi ajar bahasa inggris, seharusnya divalidasi oleh para ahli bahasa dan isi materi tersebut terlebih dahulu untuk melihat apakah materi ajar tersebut sudah sesuai untuk siswa kelas 1 smp dari segi bahasa dan isi. setelah melakukan evaluasi dan revisi berdasarkan validasi ahli, produk penelitian ini dilanjutkan dengan melakukan uji coba kepada siswa untuk melihat keefektifan siswa selama proses belajar mengajar di kelas. hasil dari penelitian ini adalah sebuah materi ajar menulis bahasa inggris yang telah didesain khusus untuk kelas 1 smp muhammadiyah 1 tarakan dilengkapi dengan gambar-gambar sesuai dengan tingkat siswa untuk menarik dan memotivasi mereka dalam mempelajari perancangan materi ajar bahasa inggris ini. berdasarkan metode penelitian, tujuan dan kegiatan pembelajaran bahasa inggris yang dikembangkan bisa dilihat pada hasil kuesioner dan wawancara. keterampilan tersebut mencakup menyimak percakapan, melakukan diskusi dan presentasi, menjawab pertanyaan sesuai dengan teks atau dialog, dan menulis kalimat lengkap sesuai dengan pola kalimat yang benar. metode pembelajaran yang diterapkan adalah diskusi kelompok dan presentasi.
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to develop a proposed english instructional material of writing for the first grade students at smp muhammadiyah 1tarakan.the research design in this research was research and development (r&d) design. the number of students who were asked to answer the questionnaire was 28 students. then, an english language teacher was interviewed by the researcher to acquire the information that was needed as a base in proposing english instructional material of writing. there were some stages in designing the instructional material of writing. they were need survey, and developed instructional material of writing, expert validation, evaluation and revision, and try-out of the proposed instructional material.the aspects of proposed instructional material consisted of (1) unit; standard competence and basic competence (2) indicator; (3) instructional objectives; (4) topic; (5) assessment system (6) and (7) the sources of material. in proposing this english instructional material, it should be validated by the experts to check whether the language used and the contents were suitable for the sixth grade students. evaluation and revision based on the experts and then, this product was conducted to be tried out to check the effectiveness of teaching and learning process in the classroom. the result of this research was a set of english instructional material that had designed special for the first grade students at smp muhammadiyah 1 tarakan which have more pictures were involved that related to the students level o make them interest and have motivation in learning this proposed english instructional material of writing. based on the research method, the purposes and activities in learning english were related to english skills which have to be developed that showed by the results of questionnaire and interview. the activities of english skills covers listening the conversation, having discussion and presentation, questions and answers, write a complete sentence with the suitable pattern of sentence. the teaching methods that have to be implemented were having group discussion and presentation.