
Analisis Saluran Pemasaran Beras Adan Di Wilayah Perbatasan Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan
Pengarang : CRIZTHINE
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Krayan merupakan salah satu kecamatan di provinsi kalimantan utara yang memiliki komoditi unggulan yaitu beras adan. komoditi tersebut memiliki nilai ekonomi dan daya saing saing tinggi dengan pemasar utama, yaitu malaysia dan brunei darusalam. akan tetapi produksi yang dihasilkan dari usahatani beras adan harus ditunjang oleh pemasaran yang baik agar petani memperoleh hasil yang optimal. saluran pemasaran merupakan salah satu faktor penentu tingkat pendapatan petani dengan memberikan keuntungan yang proporsional sesuai dengan biaya, risiko dan pengorbanan yang dikeluarkan. panjang pendeknya saluran pemasaran juga akan mempengaruhi bagian harga yang diterima petani. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan saluran pemasaran beras adan serta menganalisis efisiensi saluran pemasaran beras adan di wilayah perbatasan kecamatan krayan kabupaten nunukan. penelitian ini dilakukan di wilayah perbatasan kecamatan krayan, kabupaten nunukan. penentuan daerah penelitian diambil secara sengaja (purposive). metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi kualitatif. hasil penelitian menunujukan bahwa terdapat dua saluran pemasaran beras adan yaitu saluran pemasaran i : petani - pedagang pengumpul desa - konsumen akhir dan petani beras menerima harga sebesar rp. 16.600/kg atau besar nilai yang diproleh petani adalah 83% dari harga tingkat pedagang dan saluran pemasaran ii : petani - konsumen akhir petani dan menerima harga sebesar rp.20.000/kg atau besar nilai yang diproleh petani adalah 100%. kedua saluran pemasaran beras adan dinyatakan dengan kriteria efisien dengan nilai efisiensi saluran i sebesar 15% dan saluran pemasaran ii sebesar 29,5%. kata kunci: saluran pemasaran, efisiensi, beras adan
Abstrak Indonesia
Krayan is one of the districts in the province of north kalimantan which has a superior commodity of adan rice. these commodity has high economic value and competitiveness. the main marketers of this commodity are malaysia and brunei darussalam. however, the production of the rice farming must be supported by good marketing so that farmers can get optimal results. the marketing channel is one of the determinants of farmers’ income levels by providing proportional profits according to the costs, risks and sacrifices incurred. the length of the marketing channel also affects the shere of the price received by farmers. this study aimed to identify and describe the marketing channel of adan rice and analyze the efficiency of the marketing channel of the rice in the border area of krayan district, nunukan regency. this research used descriptive qualitative and quantitative methods. the sampling was ditermined through purposive and snowball sampling techniques. data were analyzed using marketing margin amd farmer’s shere. the results of the study indicated that there were two marketing channels for the rice, namely marketing channel i: farmers – village collector traders – final consumers and marketing channel ii: farmers – final consumers. the two rice marketing channels were considered efficient, with the efficiency value of channel i of 15.66% and channel ii of 29.99%. key words: marketing channels, efficiency, adan rice