UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Evaluasi Implementasi Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan

Evaluasi Implementasi Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan

Pengarang : Nur Rahmah Niar

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada aspek standar proses yang mencakup perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di smk kesehatan kaltara tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. data diperoleh berdasarkan hasil observasi,kuesioner wawancara dan dokumentasi. analisis yang digunakan analisis kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi telah mempersiapkan rpp sesuai kurikulum 2013 dengan baik dan lengkap. pelaksanaan pembelajaran biologi masih menggunakan metode ceramah karena sistem pembelajaran online dan melalui media slide ppt. penyusunan rpp guru memiliki kendala dalam membedakan materi pembelajaran yaitu materi yang bersifat fakta, konsep, prinsip dan prosedur serta pelaksanaan pembelajaran belum sesuai dengan rpp yang disusun. pelaksanaan pembelajaran hanya secara daring atau online dengan menggunakan aplikasi webex meet dan guru biologi belum melakukan penilaian saat pembelajaran berlangsung.selain itu guru memberikan variasi dengan pembelajaran praktikum dilaboratorium sehingga dapat memfasilitasi pendekatan saintifik dan mengembangkan karakter siswa

Abstrak Indonesia

This study aimed to describe the implementation of the2013 curriculum based on the standard aspects of process which included planning and implementation of learning at the smk kesehatan kaltara tarakan. this was a case study that used a qualitative descriptive approach. the data were obtained through observations, interview, questionnaires, and documentation. data were analyzed using qualitative analysis. the results showed that the biology teacher had prepared well and completely the lesson plans according to the 2013 curriculum. the implementation of biology learning still used the lecture method because the learning system was online and through ppt slide media. in preparing lesson plans, the teachers experienced obstacles in distinguishing learning materials such as facts, consepts, principles and procedures. the implementation of learning was only online or using the webex meet aplication. the biology teacher had not made an assessments during the learning process. in addition, the teacher provided variations with practical learning in the laboratory so that it could facilitate a scientific approach and develop student character.