
Kemerataan Dan Dominansi Capung (Odonata) Di Area Teresterial Kota Tarakan Serta Potensi Implementasi Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA/MA
Pengarang : Inda Permatasari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemerataan dan dominasi capung di area teresterial kota tarakan serta potensi implementasi pada pembelajaran biologi siswa kelas x sma/ma. penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. lokasi penelitian terbagi menjadi tiga yaitu persawahan mamburungan, hutan kota sawah lunto skip dan lahan pertanian kampung enam. parameter yang diukur adalah kemerataan dan dominansi capung. parameter lingkungan dalam penelitian ini diantaranya suhu, kelembaban, kecepatan angin, intensitas cahaya dan ketinggian. hasil penelitian capung di area teresterial kota tarakan ditemukan delapan belas spesies dari dua famili diantaranya libellulidae dan coenagrionidae. analisis tingkat kemerataan capung di area teresterial kota tarakan sebesar 0.932302 yang menunjukan bahwa nilai tersebut mendekati angka 1 dan termasuk dalam kriteria kondisi komunitas yang stabil. kemudian indeks dominansi jenis capung yang terdapat di area teresterial kota tarakan ialah jenis crocothemis servilia dengan nilai tertinggi 0.02% yang masuk dalam kategori rendah. hal ini menunjukkan bahwa tidak ada jenis capung yang yang mendominasi. dominansi pada ketiga lokasi penelitian ini menunjukkan bahwa persebaran jenis capung merata sehingga lingkungan di ketiga lokasi tersebut stabil. selanjutnya dilakukan analisis keterkaitan penelitian kemerataan dan dominansi capung dengan pembelajaran biologi, pada materi animalia kelas x sma/ma dengan kompetensi dasar 3.8, dituangkan dalam bentuk silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp), lembar kerja siswa (lks) dan handout. persyaratan yang diperlukan untuk mengintegrasi siswa dengan objek kejadian sebagai sumber belajar harus disesuaikan dengan kejelasan potensi, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, kejelasan sasaran, kejelasan informasi, kejelasan dan pedoman eksplorasi serta kejelasan perolehan yang ingin dicapai.
Abstrak Indonesia
This study aimed to analyze the level of evenness and dominance of dragonflies in the terrestrial area of tarakan city as well as the potential for implementation in biology learning for the tenth grade students of sms/ma. this descriptive exploratory research used quantitative and qualitative approaches. the research location was divided into three, namely mamburungan rice fields, sawah lunto city forest, and kampung enam agricultural land. the parameters measured were evenness and dominance if dragonflies. environmental parameters in this study included temperature, humidity, wind speed, light intensity and altitude. the study result from the terrestrial area showed that there were eighteen dragonfly species from two families including libellulidae and coenagrionidae. analysis result of the evenness level of dragonflies in the terrestrial area of tarakan city was 0.932302 which was categorized as a stable community. the dominance index of dragonflies found in the terrestrial area of tarakan city was the type of crocothemis servilia with the highest value of 0.02% which was categorized as low. the dominance in the three research locations indicated that the dragonflies were evenly distributed so that the environment in the three locations was stable. furthermore, an analysis result of the relationship between the evenness and dominance of dragonflies and biology learning showed that the animalia lessons for the tenth grade with basic competence 3.8 were outlined in the form of syllabus, learning implementation plans, students worksheets, and handouts. it was suggested to integrate students with the object of the incident as a source of learning and should be adjusted to the clarity of potential, conformity with learning objectives, clarity of objectives, clarity of information, clarity and exploration guidelines and clarity of acquisition to be achieved.