UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Pengarang : NURITI

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar biologi pada siswa kelas vii smp negeri 3 tarakan. penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. sampel dalam penelitian ini adalah kelas vii-6 dan kelas vii-7 yang berjumlah 64 siswa, sampel ditentukan dengan cara purposive sampling. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas vii-6 dan kelas vii-7 (64 siswa) mengalami kesulitan belajar, nilai rata-ratanya adalah 44 dengan katagori kesulitan belajar tinggi. faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa berasal dari faktor internal (60,24%) dan faktor eksternal (60,36%) dengan kriteria cukup berpengaruh. faktor-faktor penyebab kesulitan belajar tertinggi dari faktor internal adalah mencari dan membaca buku biologi pada saat jam pelajaran sedang kosong (53,52%), sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar tertinggi dari faktor eksternal adalah teman bergaul siswa lebih senang mengajak bermain daripada belajar (52,34%) dengan kriteria cukup berpengaruh.

Abstrak Indonesia

This study aimed to analyze learning difficulties and the factors that cause learning difficulties in biology lessons among the seventh grade students of smp negeri 3 tarakan. this survey research used quantitative and qualitative approaches. the sample in this study was students from class vii-6 and vii-7, totaling 64 participants who were determined through pulposive sampling. the research instruments used were tests and questionnaires. the results showed that the students of class vii-6 and class vii-7 had learning difficulties, the average score was 44 which was categorized as high learning difficulty. the causes of students’ learning difficulties came from internal factors (60.24%) and external factors (60.36%), with quite influential criteria. the highest learning difficulties that came from internal factors are finding and reading biology books when class hours are empty (53.52%), while the highest learning difficulties that came from external factors were friends who were more likely to invite students to play than study (52.34%), with quite influential criteria.