UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarakan

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarakan

Pengarang : sri dewi hernita

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara siswa kelas viii madrasah tsanawiyah negeri tarakan dalam melatih kemampuan komunikasi matematisnya. penelitian ini dilakukan selama 3 bulan, yaitu 10 juli sampai 09 oktober 2020. jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. subjek penelitiannya adalah siswa kelas viii sebanyak tiga orang yang telah dipilih dengan purposive sampling. pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara pada subjek dan beberapa informan, observasi kelas secara online maupun mengamati secara langsung subjek belajar dan mengerjakan tugas ketika jam pembelajaran matematika di rumah masingmasing, serta analisis dokumentasi dengan melihat buku catatan dan tugas subjek. data yang telah didapatkan ditulis kedalam catatan lapangan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. peneliti kemudian mengecek keabsahan data untuk mendapatkan data yang valid dengan melakukan triangulasi sumber yaitu mewawancarai guru, teman dekat, dan orang tua; triangulasi waktu yaitu mewawancarai subjek beserta informan pada waktu dan suasana yang berbeda; triangulasi teknik yaitu melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi; melakukan member check; menuliskan secara rinci hasil penelitian; dan dilaksanakannya audit oleh dosen pembimbing secara online. berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan ketiga subjek yang berinisial ad, ea, dan mr melatih kemampuan komunikasi matematisnya dengan bertanggung jawab selama proses pembelajaran (menyelesaikan dan mengumpulkan tugas tepat waktu, tidak menyerah dan selalu berusaha mengerjakan tugas, menghormati dan memperhatikan serta mendengarkan guru maupun teman yang sedang menjelaskan); mencatat setiap informasi penting yang disampaikan dan menuliskan setiap penyelesaian secara runtut; bekerjasama/berdiskusi dalam menyelesaikan/mendapatkan hasil dari suatu permasalahan; menjawab pertanyaan yang diberikan, menyampaikan pendapat, dan mengomentari pernyataan yang diungkapkan siswa lain namun tetap menghargai perbedaan pendapat/argumen; dan membaca matematis secara aktif untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang telah disusun. kata kunci: komunikasi, matematika

Abstrak Indonesia

This study aimed to determine how the grade eight grade students of madrasah tsanawiyah negeri tarakan practiced their mathematical communication skills. this research was conducted for 3 months, from 10 july to 09 october 2020. this was a case study with a qualitative approach. the research subjects were 8th grade students who ware selected using purposive sampling. data ware collected through interviews with the subjects and several informants, online classroom observations and directly observing how the subjects learned and did assignments during mathematics learning hours at their respective homes, and analysis of documentation by looking at their notebooks and assignments. the data that has been obtained were written into field notes then analyzed by data reduction, data display, and conclusion/verification. the researcher then checked the validity of the data to obtain valid data by triangulating sources, namely interviewing teachers, close friends, and parents; time triangulation, namely interviewing subjects and informants at different times and situations; technical triangulation, namely through interviews, observations, and documentation analysis; do a member check; write down in detail the results of the research; and conducting an online audit by the supervisor. it was found that the three subjects with the initials ad, ea, and mr practiced their mathematical communication skills responsibly during the learning process (completing and collecting assignments on time, not giving up and always trying to do assignments, respecting and paying attention and listening to teacher and friends who is explaining); recorded every important information conveyed and wrote down every solution in order; cooperated/had discussion in solving/getting the results of a problem; answered questions given, expressed opinions, and commented on statements expressed by other students and respected differences in opinions/arguments; and read mathematically actively to find answers to questions that ware arranged. keywords: communication, mathematics