UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Improving The Student’s Vocabulary Mastery Through Pictures At The Fourth Grade Students Of SD Al – Hilal Tarakan

Improving The Student’s Vocabulary Mastery Through Pictures At The Fourth Grade Students Of SD Al – Hilal Tarakan

Pengarang : Hartati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan kemampuan siswa melalui gambar. sesuai dengan tujuan dari penelitian, maka metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. subjek dari penelitian in yaitu siswa kelas iv sd al- hilal tarakan tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 18 siswa sebagai sampel penelitian. penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada bulan juni sampai bulan juli 2013.di dalam penelitian ini peneliti sebagai guru mengajarkan “kosakata” dengan menggunakan gambar. berdasarkan hasil observasi, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa. peneliti menggunakan 2 siklus dari penelitian tindakan. hasil dari tindakan menunjukkan bahwa prestasi siswa meningkat sebagaimana yang ditunjukkan pada hasil kedua observasi criteria keberhasilan pada penelitian ini tergantung pada kkm disekolah yang sudah ditentukan, yaitu 65 dan penelitian ini berhasil apabila didalam kelas ada 70% siswa sudah lulus dalam pelajaran tersebut. berdasarkan hasil tes tulis pada siklus pertama ditemukan bahawa ada 6 siswa berhasil atau 45% dari 70% criteria kelulusan dan meningkat sampai 89% atau 15 siswa telah berhasil didalam tes tulis pada siklus kedua. sehingga, dapat disimpulkan bahwa prestasi kemampuan kosakata siswa meningkatkan melalui metode pengajaran dengan menggunakan gambar.

Abstrak Indonesia

The objective of this research was to improve students’ vocabulary mastery king through pictures. related to the purpose of the research, the research method used in this research was class action research. the subject of the research was the students of class 4 of sd al –hilal tarakan, academic year 2012/2013. the total numbers of the sample were 31 students. the research was conducted on june to july 2013. in this research, the researcher as a teacher taught ‘vocabulary’ by using pictures. based on the result of observation, found that during the observation, the students have shown their improvement. the researcher conducted two cycles of action. the result of the action showed that there were improvement about the students’ vocabulary mastery trought the picture. the criteria of success of this research depends on the minimum score of school that have been determined, it was 65 and the research would be success if in the class there were 70% of students have passed in learning. based on the written test in the first cycle was found that 6 students succeeded or 33% from 70% of criteria of success and improving to 88,9% or 15 students succeeded in the written test in the second cycle. so, it can be concluded that students’ vocabulary mastery could improving by using picture.