UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Permainan Ular Seluncur Nusantara Sebagai Media Bimbingan Dan Konseling Dalam Pengenalan Budaya Kelas IV Di SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan

Pengembangan Permainan Ular Seluncur Nusantara Sebagai Media Bimbingan Dan Konseling Dalam Pengenalan Budaya Kelas IV Di SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Juneta De Franz

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Media permainan ular seluncur nusantara ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling untuk melaksanakan layanan, terutama dalam memberikan informasi dan mengenalkan budaya nusantara dari 34 provinsi yang ada di indonesia kepada siswa-siswi. tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa media permainan ular seluncur nusantara sebagai media bimbingan dan konseling dalam pengenalan budaya. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development). prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan borg and gall, namun dalam penelitian ini dilakukan sampai pada tahap kelima yaitu tahap revisi desain karena kondisi di masa pandemi covid-19. hasil validasi ahli materi dengan skor 76% menunjukkan pada kategori layak, dan hasil validasi ahli desain dengan skor 93% menunjukkan pada kategori sangat layak. dengan ini menunjukkan bahwa media permainan ular seluncur nusantara yang dikembangkan layak dan baik digunakan dalam pengenalan budaya untuk siswa-siswi. kata kunci: budaya, media permainan ular seluncur nusantara

Abstrak Indonesia

The indonesian snakes and ladders game media is one of the media used by guidance and counselling teachers to carry out services, especially in providing information and introducing the archipelago culture frm 34 provinces in indonesia to students. this study aimed to make a product in the from of a snake and ladder game to recognize culture as a media for guidance and cunselling. a research and development approach were used in this research design. the research and development procedure used the borg and gall development model, but in this study, it was carried out until the fifth stage, namely the design revision stage, due to conditions during the covid-19 pandemic. the results of material expert validation with a score of 76% indicate the appropriate category, and the results of design expert validation with a score 93% indicate the very receivable category. it shows that the indonesian snakes and ladders game media that was developed is receivable and appropriate for recognizing culture to students. keywords: snake and ladders game, guidance and counselling, culture recognition