
Studi Morfologi dan Kelimpahan Ikan Tempakul (Mudskipper) di Pesisir Pantai Pulau Sebatik dan Potensi Implementasi pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Sebatik
Pengarang : A. Muh. Sugiono Parawansyah Arif
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang studi morfologi dan kelimpahan ikan tempakul yang berada di pulau sebatik dan potensi implementasi pada pembelajaran biologi sebagai bahan pembelajaran mengenai khususnya pada ikan tempakul.berdasarkan hasil penelitian hasil analisi studi morfologi ikan tempakul secara morfometrik dan meristik. hasil studi morologi ikan tempakul masing-masing memiliki 5 karakter pembeda dari 23 karakter morfometrik sedangkan untuk kelimpahan pada ikan tempakul relatif spesies yang tergolog tinggi terdapat pada spesies periophthalmus chrysospilos bleeker. sebesar 80,64% kelimpahan tergolong sedang terdapat pada spesies boleophthalmus boddarti pallas. sebesar 16,12% dan kelimpahan terendah terdapat pada spesies periophthalmodon schlosseri pallas. sebesar 3,22%. dan hasil analisi keterkaitan penelitian dengan pembelajaran biologi terdapat keterkaitan penelitian terhadap pembelajaran biologi yaitu materi vertebrata kelas x sma dengan kompetensi dasar 3.8 menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan kedalam filum berdasarkan kehidupan, hasil indentifikasi ini di tuangkan menjadi bahan ajar berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, panduan praktiuk, lembar kerja siswa dan draft handout.
Abstrak Indonesia
This study aimed to find out morphology and abundance of mudskipper on sebatik island and the potential for its implementation as learning materials in biology learning. bsed on the morphology, mudskipper had 5 differentiating characters from 23 morphometric characters. for the relative abudance, the species that was classified as high was the periophthalmus chrysospilos bleeker (80,64%), the moderate abudance was found in the species of boleophthalmus boddarti pallas (16,12%), and the lowest abundance was found in the species of periphthalmodon schlosseri pallas (3,22%). these was a link between research in biology learning, namely vertebrate material for class x sma and basic competence 3.8, applying the classification principle to classify animals into phyla based on life. the results of this identification were poured into teaching materials in the form of lesson plans, practical, guides, student worksheets and handouts.