UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of A Proposed English Syllabus For Students Of Sixth Grade Elementary School At SDN 027 Tarakan

A Proposed English Syllabus For Students Of Sixth Grade Elementary School At SDN 027 Tarakan

Pengarang : Didik Eko Widianto

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian dilaksanakan bertujuan mengembangkan silabus pengajaran bahasa inggris untuk siswa kelas 6 di sdn 027 tarakan. penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan. untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dalam perancangan silabus ini, sebanyak 24 siswa kelas 6 diminta untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam kuisioner. guru bahasa inggris kelas 6 sdn 027 tarakan dan kelas tujuh smp muhammadiyah 1 diwawancarai dengan tujuan yang sama. tahapan pengembangan meliputi melakukan analisis kebutuhan, penggunaan model yalden, membuat proto-silabus, menulis silabus pengajaran, melakukan validasi ahli, uji coba produk, dan revisi silabus. silabus ini terdiri dari (1) identitas sekolah/mata pelajaran; (2) sk/kd (standar kompetensi/kompetensi dasar); (3) tujuan pengajaran; (4) indikator; (5) topik dan sub topik; (6) aktivitas pembelajaran; (7) pengalaman belajar; (8) penilaian; (9) alokasi waktu; (10) media, dan (11) sumber. silabus ini divalidasi oleh para ahli dibidang pengajaran bahasa inggris untuk mencocokan kesesuaian topik dalam silabus. revisi dilakukan berdasarkan saran, koreksi, kritik dari para ahli dan kemudian produk ini diujicobakan kepada pengajar bahasa inggris di sdn 027 tarakan. hasil akhir pengembangan ini berupa silabus pengajaran bahasa inggris untuk siswa kelas 6 di sdn 027 tarakan dilengkapi dengan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran dan contoh materi yang terdapat didalam silabus. materi yang dibahas adalah yang berkaitan dengan minat dan kebutuhan siswa dan guru serta ruang lingkup belajar dan keseharian siswa. hasil analisis kebutuhan melalui kuisioner dan wawancara menunjukan bahwa tujuan dan kegiatan dalam pembelajaran bahasa inggris yang dikembangkan adalah berhubungan dengan penambahan kosakata baru, keterampilan yang meliputi membaca, pemahaman, dan presentasi. keterampilan menyimak meliputi menyimak percakapan. keterampilan berbicara meliputi melakukan presentasi dan diskusi. sedangkan keterampilan menulis meliputi melengkapi kalimat dan menulis paragraf sederhana. metode pembelajaran yang diterapkan adalah presentasi dan diskusi kelompok.

Abstrak Indonesia

The reasearch was conducted to propose a syllabus for english course for sixth grade students at sdn 027 tarakan. this research employed research and development (r&d) design. to obtain the information needed as a base for designing english syllabus, 24 students of sixth grade were asked to answer questionnaires. english teacher of sixth grade at sdn 027 tarakan and english teacher of seventh grade at smp muhammadiyah 1 were also interviewed with same purpose. the procedures of development cover need analysis, production proto-syllabus, production of pedagogical syllabus, and revision based on expert validation and try-out of the proposed syllabus. the proposed syllabus which contained (1) course identity; (2) standard competence/basic competence; (3) instructional objectives; (4) indicator; (5) topic and sub-topic; (6) teaching and learning activities; (7) learning experience; (8) the assessment; (9) the time allocation; (10) media; and (11) the reference. it was validated by two experts who have expertise in teaching english to check the appropriateness of the topics in the proposed syllabus. further verification was conducted by trying-out the proposed syllabus involving the english teacher of sixth grade at sdn 027 tarakan to make lesson plan based on the proposed syllabus. the result of this research and development was a set of english syllabus for sixth grade students at sdn 027 tarakan as well as the sample of lesson plan included in this proposed syllabus. the material in this proposed syllabus is dealing with students’ interest and need as well as teacher at students’ environment. concerning the methodology, the result revealed that teaching and learning activities are dealing with increasing new vocabularies, reading english texts, having presentation, doing pair and group work exercise and listening to the expression in the conversation.