UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kesadaran Bahaya Bullying Bagi Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Tarakan

Kesadaran Bahaya Bullying Bagi Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Tarakan

Pengarang : Idah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran bahaya bullying bagi siswa kelas vii di smpn 1 tarakan, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan metode survey. populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas vii di smpn 1 tarakan yang terdiri dari kelas vii.1 - vii.11 dengan jumlah populasi 352 siswa. adapun teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah random sampling sebesar 25% dari populasi, sehingga jumlah sampel, yaitu 88 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dengan skala likert. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. hasil penelitian kesadaran bahaya bullying bagi siswa kelas vii di smpn 1 tarakan menunjukkan bahwa terdapat 36 siswa dengan skor persentase 40,9% termasuk dalam kategori rendah. hal ini berarti bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa masih kurang terhadap bahaya bullying, sehingga menyebabkan kecenderungan siswa melakukan tindakan bullying. kata kunci: kesadaran bullying, siswa

Abstrak Indonesia

This study aimed to determine awareness of the dangers of bullying for the grade student of smpn 1 tarakan. this quantitative research was conducted by survey method. the population in this study was the grade students of smpn 1 tarakan that consisted of classes vii.1 to vii.11 with a total of 352. the sampling was determined through random sampling which consisted of 25% of the population or 88 students. the data were collected using a questionnaire with a likert scale. the data were analyzed using a descriptive statistical analysis technique. the results of the research showed that there were 36 students with a score of 40.9% (low category of awareness). this meant that the students’ knowledge and understanding were still low about the dangers of bullying, which caused the tendency of students to commit bullying. keywords: bullying awareness, students