UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Implementation Of English Teaching For The Students Of Class English For Teens Level Four (ET-4) At LBPP (Lembaga Bahasa Dan Pendidikan Profesional) LIA Tarakan

The Implementation Of English Teaching For The Students Of Class English For Teens Level Four (ET-4) At LBPP (Lembaga Bahasa Dan Pendidikan Profesional) LIA Tarakan

Pengarang : Agung Toyani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Pengajaran bahasa inggris di kelas english for teens di lbpp lia tarakan terdiri dari empat keterampilan: membaca, mendengarkan,menulis dan berbicara. sebelum proses kegiatan belajar mengajar dimulai guru sebagai pendidik diwajibkan menyusun atau membuat rencana pelaksanan pembelajaran (rpp) sebagai pedoman dalam mengajar. tujuan dari penelitian ini adalah: 1).untuk mendeskritifkan persiapan perangkat pengajaran untuk siswa english for teens level four (et-4) di lbpp lia tarakan 2). untuk mendeskritifkan impelemntasi proses pengajaran untuk siswa english for teens level four (et-4) di lbpp lia tarakan 3). untuk mendeskritifkan system penilaian guru untuk siswa english for teens level four (et-4) di lbpp lia tarakan. penelitian ini telah dilaksanakan di lbpp lia tarakan dari bulan juli 2013 sampai agustus 2013. hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode yang digunakan adalah deskritif method. dengan tambahan dari kualitatif data dengan menggunakan observasi, merekam, wawancara, data lapangan dan analisa dokumen. semua dari instrumen pengumpulan data ini telah digunakan untuk dikumpulkan dalam mendapatkan informasi tentang bahasa inggris yang belajar pengajaran untuk para siswa kelas english for teens level four (et-4) di lbpp lia tarakan. hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan persiapan perangkat pengajaran guru membuat silabus dan rencana pelaksanan pembelajaran (rpp) berdasarkan standard lembaga bahasa dan pendidikan profesional lbpp lia, di materi yang diajarkan peneliti menemukan materi yang digunakan tentang water sport buku rainbow 4 halaman 37 - 42, di implementasi proses pengajaran peneliti menemukan guru menggunakan beberapa metode yaitu total physical response (tpr), picture and picture method, couple exchanging and talking ball, di sistem penilaian peneliti menemukan guru memberikan dua macam test adalah tes tertulis dan test lisan kepada siswa. kesimpulan dari penelitian ini adalah di dalam persiapan perangkat pengajaran guru membuat silabus dan rencana pelaksanan pengajaran (rpp) berdasarkan pada standard lembaga bahasa dan pendidikan profesional lbpp lia. implementasi proses pengajaran untuk siswa di kelas english for teens (et4) di lbpp lia tarakan, metode yang digunakan oleh guru telah ditulis dalam rencana pelaksanan pengajaran (rpp), tetapi ketika di dalam kelas dan memulai proses pembelajaran kadang kala guru melakukan metode lain di dalam kelas. guru membuat sistem evaluasi berdasarkan pada standard lembaga bahasa dan pendidikan profesional lbpp lia.

Abstrak Indonesia

Teaching english in english for teens (et-4) at lbpp lia tarakan consists of four skills: reading, listening, writing and speaking. before starting the learning process the teacher as educators are required to compose or create a lesson plan as a guide in teaching. the objectives of this research were: 1) to describe the teacher prepared the learning sheet for the students of class english for teens level four (et-4) at lbpp lia tarakan. 2) to describe the teacher implemented the learning process for the students of class english for teens level four (et-4) at lbpp lia tarakan. 3) to describe how the teacher conducted the evaluation system for the students of class english for teens level four (et-4) at lbpp lia tarakan. this research was conducted in lbpp lia tarakan on july 2013 to august 2013. in the research design was a descriptive method. it searches for qualitative data gained by using observation sheet, recording, interview guide, field notes, and documents analysis. all of those data collecting instruments were used to collect information about prepared the learning sheet, implemented the learning process, and evaluation system for the students of class english for teens level four (et-4) at lbpp lia tarakan. the results of this research, the researcher found in prepared the learning sheet the teacher made syllabus and lesson plan based on standards of teaching and educational content of lbpp lia, in the material finding the researcher found that the material was about water sport in book rainbow 4 page 37 – 42. in implemented the learning process the researcher found the teacher used a method were total physical response (tpr), picture and picture method, couple exchanging and talking ball, in evaluation system the researcher found the teacher gave her students two kinds of test were oral test and written test. the conclusion of the research in prepared the learning sheet the teacher made syllabus and lesson plan based on the standards of teaching and educational content of lbpp lia. the implemented the learning process for the students of class english for teens level four (et-4) at lbpp lia tarakan, the method used by the teacher was written in the lesson plan but then when the class started the teacher sometimes did another method in the class. the teacher makes evaluation system based on the standards of teaching and educational content of lbpp lia.