
An Analysis On The Teacher Strategies In Teaching Reading Comprehension At Second Grade Students Of SMPN 4 Tarakan
Pengarang : Doryanti Taebenu
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar pemahaman baca siswa kelas delapan di smp negeri 4 tarakan dan untuk mengetahui kemampuan pemahaman baca siswa kelas delapan di smp negeri 4 tarakan. subjek penelitian ini adalah guru bahasa inggris yang mengajar di kelas viii dan siswa di kelas viii-9 yang berjumlah 31 siswa smp negeri 4 tarakan pada tahun pembelajaran 2020/2021. penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. data diperoleh melalui wawancara, observasi dan kuesioner. hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pemahaman baca siswa adalah sq3r (surveying, questioning, reading, reciting, and reviewing). strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran pemahaman membaca ini efektif, karena dalam memahami teks dengan metode sq3r siswa tidak hanya mengetahui bagaimana memahami sebuah teks tetapi juga membantu siswa untuk lebih aktif dan kritis dalam memahami isi teks bacaan. disamping itu, peneliti menemukan dua metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran, yaitu metode menyimak video dari materi dan metode pemberian tugas. metode ini dugunakan karena situasi pandemi covid-19, sehingga kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online menggunakan aplikasi quipper dan whatsapp untuk membentuk kelompok kelas online sebelum memulai belajar-mengajar. hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman baca pada pelajaran bahasa inggris siswa kelas viii-9 smp negeri 4 tarakan yaitu berada di rata-rata. hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berasal dari siswa, guru, dan fasilitas. dan sebagai kesimpulan, strategi pembelajaran guru efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran pemahaman membaca siswa kelas viii-9 di smpn 4 tarakan dengan menggunakan strategi sq3r.
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to describe the teachers’ strategies in teaching reading comprehension at second grade students of smpn 4 tarakan and to describe the students’ abilities in learning reading comprehension through the strategies used by the teacher of smpn 4 tarakan. the subject of this research was english teachers who teach at second grade students and the sample is the second grade students from class viii-9 of junior high school 4 tarakan which is consisted of 31 students. it used a descriptive qualitative design. data were collected through the interview, observation, questionnaire, and document. the result showed that some strategy used by the teacher in teaching reading comprehension, that is sq3r (surveying, questioning, reading, reciting and reviewing). the strategies used by the teacher in teaching reading comprehension are effective because by using sq3r method the students not only know how to comprehend but also help the students to be more active and critics in comprehending a text. the researcher found two method that used by the teacher in teaching learning process. the method are listening to material from the video and giving assignment. the teacher used these strategies because of the pandemic covid-19, so the learning activity done by online class using quipper application and whatsapp. the result also showed that the ability on reading comprehension in english lesson of the viii-9 grade students of smpn 4 tarakan is still in average. it affect by several factors come from the student, the teacher, and the facilities. as the conclusion, the teachers’ strategy was effective to improve the students’ ability in reading comprehension at second grade students of smpn 4 tarakan by using sq3r srtategy.