
Profil Kemampuan Number Sense Siswa Materi Pecahan Pada Kelas V SD Negeri 035 Tarakan
Pengarang : Rizki Dessy Sofyah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan number sense siswa materi pecahan pada kelas v sd negeri 035 tarakan tahun ajaran 2019/2020. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v sd negeri 035 tarakan dengan jumlah 56 siswa. jenis pengampilan sampel yang digunakan adalah jenis non-probality sampling dengan teknik sampling jenuh. instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda. berdasarkan analisis data, hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kemampuan number sense siswa pada kelas v sd negeri 035 tarakan tahun ajaran 2019/2020 berada pada kategori rendah. adapun ketercapaian tiap indikator dari siswa yaitu; 1) indikator pengetahuan yang berkaitan dengan bilangan memperoleh 39.29%; 2) indikator pemahaman dan representasi urutan bilangan memperoleh 28.88%; 3) indikator pengaruh dari pengoperasian memperoleh 53.57%; 4) indikator kemampuan memahami dan menggunakan pernyataan setara dalam perhitungan memperoleh 35.71% dan; 5) indikator kemampuan menerapkan pengetahuan tentang bilangan dan operasinya pada perhitungan memperoleh 43.38%. kemampuan number sense siswa apabila dilihat dari lima indikatornya, maka siswa sangat kesulitan dalam memenuhi seluruh indikator yang terdapat pada indikator kemampuan number sense. namun demikian pencapaian persentase siswa paling tinggi berada pada indikator ketiga. hal ini disebabkan siswa kelas v sd negeri 035 tarakan tahun ajaran 2019/2020 lebih menguasai perhitungan daripada pemahaman konsep. kata kunci: kemampuan, number sense, pecahan, siswa
Abstrak Indonesia
This study aimed to describe the number sense ability in fraction material for the 5th grade students of the sd negeri 005 tarakan in the 2019/2020 school year. this quuantitative study used quantitative descriptive approach. the population in this study were all 5th grade students of the sd negeri 035 tarakan with a total of 56 students. sample was determined using a non-probability sampling with a saturated sampling technique. the data was collected using a multiple choice test. based on the data analysis, research results and discussion, it was concluded that the level of number sense ability of the students was in the low category with an average score of 0.40 and a percentage of 40.17%. as for the achievement of each indicator from the students, it was found that (1) knowledge indicators related to numbers was 39.29% (2) indicators of understanding and number sequence representation obtained was 28.88% (3) the indicator of the impact of the operation was 53.57%; 4) indicators of the ability to understand and use equivalent statements in the calculations was 35.71% and; 5) the indicator of the ability to apply knowledge of numbers and their operations in the calculation was 43.38%. when viewed from the five indicators, the students had great difficulty in fulfilling all the indicators contained in the number sense ability indicator. however, the highest percentage of students was in the third indicator. this was because the students were more familiar with calculations than understanding concepts. keywords: ability, number sense, fraction, students