UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Problems Faced By English Language Teachers At SMA Frater Don Bosco Tarakan Academic Year 2013/2014

Problems Faced By English Language Teachers At SMA Frater Don Bosco Tarakan Academic Year 2013/2014

Pengarang : Dewi Lestari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Dalam mempersiapkan materi ajar, proses belajar mengajar, dan evaluasi, guru biasanya menghadapi masalah yang menghambat proses belajar mengajar. guru profesional adalah pendidik profesional yang pekerjaan utamanya antara lain mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan formal dan mampu untuk menutupi masalah dalam proses belajar mengajar. tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan masalah yang dihadapi oleh guru bahasa inggris dalam melakukan persiapan mengajar (2) untuk mendeskripsikan masalah yang dihadapi oleh guru bahasa inggris dalam melakukan proses pengajaran; dan (3) untuk mendeskripsikan masalah yang dihadapi oleh guru bahasa inggris dalam melakukan evaluasi. penelitian ini dilakukan di sma frater don bosco tarakan mulai bulan oktober 2013 sampai november 2013. disai dari penelitian ini adalah penelitian descriptive. penelitian deskriptif adalah penelitian yang mendeskripsikan dan menfsirkan hasil penelitian dengan cara yang sesuai dengan kondisi objek penelitian. dalam penelitian ini, ada data kualitatif dan kuantitatif data, penelitian ini digunakan hasil dari wawancara dan untuk kuantitative digunakan dari hasil questionnaire. hasil dari penelitian ini adalah menjelaska. memperlihakan data yang telah terkumpul dari dua sumber; 1) questionnaire untuk guru bahasa inggris dan 2) wawancara untuk guru bahsa inggris. didalam persiapan balajar mengajar guru yang dibuat prota, prosem, silabus dan rencana pelaksanan pembalajaran. berdasarkan table 4.1, 100% berarti semua guru selalu membuat persiapan tertulis sebelum melaksanakan proses pembalajaran. didalam proses belajar mengajar berdasarkan table 4.12, 50% berarti beberapa item menjawab sering. didalam evalusai berdasarkan pada table 4.37 berarti pada item menjawab sekali dan dua kali. kesimpulan dari penelitian persiapan mengajar, proses balajar mengajar evaluasi berdasarkan penelitian oleh guru bahasa inggris sma frater don bosco tarakan dalam persiapan mengajar; 1) disana tidak ada lcd 2) disana tidak ada laboraturium dan 3) guru focus pada silabus dan rencana pelaksanana pembelajara. persiapan yang dihadapi dalam proses belajar beberapa siswa tidak mengerti apa yang guru ajarkan didepan kelas, terutama ketika guru mengunakan bahasa inggris. disamping permasalahan yang dihadapi guru bahasa inggris pada sma frater don bosco tarakan adalah guru selalu member tugas tertulis dan remedial hanya sekali.

Abstrak Indonesia

In preparing the teaching material, conducting the teaching process and evaluation, the teachers usually face problems that block the teaching and learning process. the professional teacher is a professional educator that the main jobs are educating, teaching, guiding, directing, training, assessing, and evaluating the students on formal education and capable to solve the problems in teaching and learning process. the objectives of the research were: 1) to describe the problems faced by english language teachers in conducting teaching preparation; 2) to describe the problems faced by english language teachers in conducting teaching process; and 3) to describe problems faced by english language teachers in conducting evaluation. the research was conducted at sma frater don bosco tarakan on october 2013 to november 2013. the research design of this research was descriptive research. descriptive research is a research that and describes and interprets the research result with the way it is accord with the object condition of the research. in this research, there were qualitative data and quantitative data,the researcher used the result from interview and for quantitative data used the results from questionnaire. the result of this research is explained. it shows data that was collected from two sources; 1) questionnaire for english language teachers, and 2) interview for english language teachers. in teaching preparation the teachers made prota, prosem, syllabus and lesson plan. based on table 4.1, 100% means all of them always make a written preparation before conducting and learning process. in teaching learning process based on table 4.12, 50% means some of them answered and often. in teaching evaluation based on table 4.37, 50% means of them answered once and twice. the conclusion of the research in teaching preparation, teaching process and teaching evaluation based on the research by the english teachers of smafrater don bosco tarakan are in preparing the teaching preparation; 1) there is no lcd 2) there is no laboratory of english and 3) the teachers focused on syllabus and lesson plan. the problem faced in conducting and learning process; 1) some students did not pay understand what the teachers teaching in front class especially when the teachers use full say english. besides the problem faced by english teachers of sma frater don bosco tarakan are the teachers always give the written task and the remedial just one time.