UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Buku Kerja Siswa Berbasis Permainan Edukatif Untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VII pada Materi Pokok Kalor dan Perpindahannya

Pengembangan Buku Kerja Siswa Berbasis Permainan Edukatif Untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VII pada Materi Pokok Kalor dan Perpindahannya

Pengarang : Indri Liani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku kerja siswa berbasis permainan edukatif serta mengetahui kelayakan dan keefektifan buku kerja siswa berbasis permainan edukatif. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). prosedur pengembangan yang dilakukan merupakan adaptasi 10 langkah pengembangan dari borg and gall (1983). hasil penelitian menunjukkan buku kerja siswa berbasis permainan edukatif layak untuk digunakan berdasarkan dari hasil analisis validasi oleh ahli materi, media, dan praktisi dengan nilai rata-rata total kelayakan = 62 dan dinyatakan dalam kategori “sangat baik” (58,5 ? x < 72). buku kerja siswa berbasis permainan edukatif efektif digunakan dalam pembelajaran berdasarkan rata-rata skor akhir keterlaksanaan pembelajaran 89% dan dinyatakan dalam kategori sangat baik, hasil respon siswa terhadap buku kerja siswa pada saat uji coba awal yaitu sebesar 87% dengan kategori sangat baik dan respon siswa yang diperoleh saat uji coba utama sebesar 89,81% dengan kategori sangat baik. hasil belajar yang diperoleh adalah sebanyak 83% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (kkm=75).

Abstrak Indonesia

This study aims to determine the feasibility and the effectiveness of student's workbook based on educational games. the research method used was research and development. this research prosedure adaptation of borg and gall's 10 steps developing. this research show that the student's workbook based on educational games worth for use according to validation analysis result by subject expert, media expert and practician expert with average eligibility value x = 62 and otherwise in very good category (58,5 ? x < 72). the student's workbook based on educational games is fine to use in learning according to average score 89% learning process and otherwise in very good category, response result of students for the student's workbook on first trial is amount of 87% with very good category and student's responses in main trial is amount of 89.81% with very good category. learning result show that 83% student reach the kkm = 75.