UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Jam Pertama Dan Terakhir Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Tarakan

Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Jam Pertama Dan Terakhir Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Yogho Prastyo

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui interaksi model pembelajaran dengan waktu pelajaran terhadap hasil belajar biologi. penelitian ini dilakukan mulai bulan oktober-november 2012 di sma negeri 2 tarakan. penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi siswa kelas x dan sampel sebanyak 4 kelas. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes multiple choice. data dianalisis menggunakan software spss 16.0 for windows. teknik analisis data menggunakan anava dua arah. hasil analisis interaksi model pembelajaran dengan waktu pelajaran diperoleh nilai fhitung = 0,973 < ftabel = 3,912. berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi model pembelajaran dengan waktu pelajaran terhadap hasil belajar biologi.

Abstrak Indonesia

The research was aimed to determine the interaction between jigsaw cooperative learning model and group discussion method with the first and the last class hour result in learning biology. the research was done from october to november 2012 at sma negeri 2 tarakan. this is quasi-experimental research and the tenth grade students as the population while the sample taken from 4 classes. this research applied purposive sampling then the data was collected by documentation method and multiple choices. the data was analyzed using anova two-way of spss 16.0 for windows software. the results of learning interaction model analysis to class hour is fvalue = 0,973 < ftable = 3,912. according to the results, it can be concluded that there was no interaction between jigsaw cooperative learning model and group discussion method at the first and the last class hour in the result of learning biology.