UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii SMP N 4 Tarakan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii SMP N 4 Tarakan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Pengarang : Hasna Windari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar biologi siswa kelas viii smp negeri 4 tarakan. penelitian ini dilakukan selama bulan oktober. jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan populasi seluruh siswa kelas viii yaitu 7 kelas. sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas viii-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas viii-4 sebagai kelas kontrol. teknik pengambilan sampel menggunakan cluster purposif sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes (pilihan ganda). data dianalisis menggunakan software spss 16.0 for windows. hasil analisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar biologi siswa diperoleh thitung 6.896 < ttabel 1.667. berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji independent sample t-test bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 4 tarakan.

Abstrak Indonesia

Purpose of this study to determine the effect the use of learning methods to learn the results of your discovery of the eight grade biology student in smp n 4 tarakan. this research was carried out during october. this is quasi-experimental research (quasi experiment) and the population for this research was the student for all eight grede of smp n 4 tarakan academic year 2013/2014, the sample was taken from class viii-4 as the control clas and class viii-3 as the experiment class. the sampling was done by purposive cluster sampling and the data was collected using documentation and test method (multiple choice). the data were analyzed using spss 16.0 for windows sofware. the analysis influence the use of guided discovery learning methods to biology student learning outcomes t hitung 6.896 < ttabel 1.667. thus is can be concluded that there are significant use of guided discovery learning methods to grade eight student learning in smp negeri 4 tarakan.