
Kajian Potensi Tumbuhan Ploiarium Sp. Sebagai Tanaman Hias dan Sumber Belajar Biologi Sekolah Menengah Atas
Pengarang : Maisyah Malayanti Johny
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pada potensi yang dimiliki tumbuhan ploiairum sp. sebagai tanaman hias dan sumber belajar biologi sekolah menengah atas. penelitian ini dilakukan selama 3 bulan, mulai dari bulan februari sampai april yang meliputi daerah jalan amal depan kebun anggrek, belakang rumah peneliti dan laboratorium dasar universitas borneo tarakan. sampel diambil berdasarkan random sampling (secara acak) dikarenakan tumbuhan ploiarium sp. hidupnya berkelompok dan berdekatan. sehingga semua sampel dijadikan homogen. hasil pengamatan dianalisis secara metode deskriptif dengan melihat karakteristik morfologi tumbuhan ploiarium sp. baik dari daun, batang, bunga dan akar. daun yang berwarna hijau dan memanjang, batang yang berwarna merah kemudian termodifikasi kecoklatan, bunga bermahkota warna putih dan akar tunjang. dari karakteristik ploiarium sp. ini dijadikan sumber belajar biologi seperti pembuatan herbarium dan lembar kerja siswa.
Abstrak Indonesia
The purpose of this study is to investigate the potency of ploiarium sp. as an ornamental plant and source of biological learning in high schools. the research was conducted for 3 months, starting from february to april located at amal street which is in front of orchid garden, at the backyard of research center and basic science laboratory of borneo university tarakan. samples were taken based on random sampling (randomly) because ploiarium sp. grow in groups. so the samples are homogeneous. results were analyzed using descriptive method focusing on the morphological characteristic of ploiarium sp. consisted of the leaves, stems, flowers and roots. the characteristics found in ploiarium sp. were: green and long leaves; modified red stem to brown; white corola and roots tunjang. those characteristics would be applied as sources of biological learning such as making herbarium and student worksheets.