UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Accelerated Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan

Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Accelerated Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Rizal

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model accelerated learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas viii smp negeri 3 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest-posttest non equivalent control group. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii smp negeri 3 tarakan. sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. jumlah sampel 62 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas viii-2 sebagai kelompok kontrol dan kelas viii-6 sebagai kelompok eksperimen. teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 35 soal dengan 4 pilihan jawaban. uji hipotesis menggunakan uji u mann-whitney. berdasarkan hasil analisis data gain secara statistik menggunakan uji u mann-whitney diperoleh asymp. sig. (2-tailed) sebesar = 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. hal ini membuktikan ho ditolak dan ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model accelerated learning lebih efektif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas viii smp negeri 3 tarakan.

Abstrak Indonesia

The purpose of this research was to know the efectiveness of implementation of cooperative learning accelerated model on students achievement on biology at viii grade students in smp negeri 3 tarakan. the kind of this research was experimental quacy research using pretest-posttest non equivalent control group design. the population of this research was student at class viii in smp negeri 3 tarakan research’s sampel was taken by using purposive sampling technique. the number of sample was 62 students that divided in two classes, such as class viii-2 as control group and viii-6 as experimental group. the technique of collecting data on this research using objective test consist of 35 questions with 4 choice answer. hypothesis test using u mann-whitney test. based on the result of data analysis gain statistically using u mann-whitney test obtained asymp. sig (2-tailed) score = 0,001 lower than significant level 0,05. this situation prove that h0 was denied and ha was accepted. so it can be concluded that the implementation of cooperative learning accelerated learning model more effective on students achievement on biology at class viii students in smp negeri 3 tarakan.