
Keefektifan Metode CIRC (Cooperatif IntegratedReading and Composition) Dalam Pembelajaran Membaca Kutipan Novel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Evi Sulfiani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode circ (cooperatif integrated reading and composition) dalam pembelajaran membaca kutipan novel siswa kelas viii smp negeri 10 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari sampai maret 2016 di smp negeri 10 tarakan. jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design.. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 10 tarakan sejumlah 150 siswa. sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas viii-5 sebagai kelas eksperimen dan viii-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 45 siswa. data dianalisis dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software spss versi 16.0 for windows. berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh thitung 5,225 pada taraf signifikan alpha = 0,05 dan dk = 43 diperoleh nilai ttabel 1,681 berarti thitung ? ttabel (5,225 ? 1,681) artinya h0 ditolak dan ha diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode circ (cooperatif integrated reading and composition) efektif terhadap pembelajaran membaca kutipan novel pada siswa kelas viii smp negeri 10 tarakan
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi