
Tindak Tutur Iklan Layanan Masyarakat RRI Tarakan (Kajian Pragmatik)
Pengarang : Chairuddin Noer
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindak tutur iklan layanan masyarakat rri tarakan melalui kajian pragmatik. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penilitian kualitatif dengan metode deskriptif. data dalam penelitian ini adalah kata atau kalimat yang dituturkan dalam iklan layanan mayarakat rri tarakan, yang sesuai dengan masalah yang diangkat peneliti, yaitu tentang tindak tutur. sumber data penelitian adalah tuturan yang berasal dari sumber lisan, yaitu dari siaran iklan radio rri tarakan. penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan tindak tutur dan dikaji menggunakan kajian pragmatik. berdasarkan penelitian pada iklan layanan masyarakat rri tarakan menunjukkan bahwa, penutur dan lawan tutur dalam iklan layanan masyarakat masuk dalam ketiga tindak tutur yang dianalisis. terlihat dari adanya ujaran yang menjadi bagian di tiap analisis. pertama, tindak tutur lokusi, tuturan yang disampaikan dengan jelas oleh penutur dan mudah dipahamin oleh lawan tutur. kedua, tidan tutur ilokusi yang memiliki maksud atau tujuan dari apa yang disampaikan penutur, dan ketiga tindak tutur perlokusi yang penyampaiannya dimaksudkan untuk mempengaruhi lawan tutur. efek atau daya pengaruhnya, dapat secara sengaja atau tidak sengaja direspon oleh lawan tutur atau mitra tutur. hasil yang diperoleh dari iklan layanan masyarakat rri tarakan di dalam tindak tutur lokusi sebanyak 14 data, tindak tutur ilokusi sebanyak 21 data, dan tindak tutur perlokusi sebanyak 17 data. berdasarkan hasil penelitian tersebut, tindak tutur yang menonjol dan mendominasi yaitu tindak tutur ilokusi.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi