
Pengaruh Kualitas Hubungan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Kinerja Rantai Pasokan Pada PT Mustika Minanusa Aurora
Pengarang : Karina Sripuspa Praszpramita
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh kualitas hubungan, kepercayaan dan komitmen terhadap kinerja rantai pasokan pada pt. mustika minanusa aurora. sampel penelitian ini adalah supplier pt. mustika minanusa aurora, sejumlah 58 responden. populasi dalam penelitian ini adalah pemasok udang pt. mustika minamusa aurora, yaitu sebanyak 58 pemasok. metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode sensus. metode ini digunakan karena populasinya sedikit, hanya 58 pemasok sehingga akan lebih baik semua jumlah populasi dijadikan sebagai sampel. peneliti menggunakan perangkat lunak statistical product and service solutions (spss) untuk menganalisis data. hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas hubungan , kepercayaan dan komitmen berpengaruh terhadap kinerja rantai pasokan perusahaan dan dapat meningkatkan laba perusahaan. temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa pengaruh kualitas hubungan terhadap kinerja rantai pasokan adalah signifikan dengan nilai regressi sebesar 0,384; pengaruh kepercayaan terhadap kinerja rantai pasokan adalah signifikan dengan nilai regressi sebesar 0,234; pengaruh komitmen terhadap kinerja rantai pasokan adalah signifikan dengan nilai regressi sebesar 0,235.
Abstrak Indonesia
This study aimed to test the influence of relationship quality, trust and commitment to supply chain performance at pt. mustika minanusa aurora. the sample was supplier pt. mustika minanusa aurora, a number of 58 respondents. the population in this study was a shrimp supplier pt. mustika minamusa aurora, as many as 58 suppliers. the sampling method used in this study was a census method. this method is used because the population is small, only 58 suppliers that will better serve all the population of the sample. researchers using the software statistical product and service solutions (spss) to analyze the data. the analysis showed that the quality of relationships, trust and commitment affect the performance of the supply chain and the company can increase its profit. the empirical findings indicate that the effect of relationship quality on the performance of the supply chain is significant with a regression value of 0.384; the effect of trust on the performance of the supply chain is significant with the regression value of 0.234; influence commitment to supply chain performance is significant with a regression value of 0.235.