
Pengembangan Alat Peraga Miniatur Pada Materi Ekosistem Untuk Jenjang SMP/MTs Kelas VII di Kota Tarakan
Pengarang : Arum Talaria Puspitasari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk alat peraga miniatur pada materi ekosistem yang disesuaikan dengan smp/mts kelas vii di kota tarakan yang tervalidasi layak dan layak pakai dan menghasilkan produk alat peraga yang efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. penelitian ini dibatasi sampai pada tahap ke tujuh model borg & gall (1983), menggunakan 4 orang validator ahli, yaitu; ahli media, 2 ahli materi dan ahli praktisi guru biologi. uji coba lapangan dilakukan disekolah mts al-fatah tarakan, uji coba awal menggunakan siswa kelas viii a sebanyak 5 orang, viii b sebanyak 5 orang, dan uji coba lapangan utama menggunakan siswa kelas vii a dan vii b sebanyak 50 orang. penelitian ini merupakan penelitian research and development (r&d) dan diujicobakan menggunakan model borg & gall. penelitian ini melalui tahapan penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapanagan, produk akhir. hasil validasi ahli media sebesar 68 % dengan kategori layak, ahli materi 1 sebesar 77,5 % dengan kategori layak, ahli materi 2 sebesar 80% dengan kategori layak, dan praktisi guru ipa biologi sebesar 86 % dengan kategori sangat layak. hasil angket respon siswa uji coba awal sebesar 84,6 % dengan kategori sangat baik, angket respon siswa uji coba lapangan sebesar 85,55 % dengan kategori baik, dan hasil keterpakaian media sebesar 87 % dengan kategori sangat baik, dengan persentase rata-rata sebesar 81,24 %. sehingga disimpulkan alat peraga miniatur ekosistem yang dikembangkan tervalidasi layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Abstrak Indonesia
The research aims to produce miniature props on ecosystem material tailored to smp/mts grade vii in the town of tarakan which is validated and worthy of sharing and produce effective props used in the learning activities. this research is limited to seventh on the stage model borg & gall (1983), using 4 expert validator, ie; 2 media expert expert content and expert practitioners of biology teacher. field trials conducted in mts al-fatah tarakan, early trials using grade viii with as many as 5 people, viii b as much as 5 people, and the main field trials using grade vii a and vii b as many as 50 people this research is a research and development studies (r&d) and tested using model borg & gall. this research through the stages of research and information gathering, planning, early development of initial product formats, test early, test products, the revision of the lapanagan, the final product. the results of the validation of the media expert of 68% with category 1 material, expert worthy of 77.5% with category 2 material experts, amounting to 80% with a decent category, teachers and practitioners of biological science of 86% with a very worthy category. the results of student response test question form the beginning of 84.6% with very good category, now student response field trials of 85.55% with very good category, and results of media used up 87% with very good category, with average percentage of 81.24%. so concluded the props of miniature ecosystems that developed validation of viable and effective use in the learning activities.