
Identifikasi Miskonsepsi Materi Archaebacteria dan Eubacteria pada Siswa Kelas XI MIA Melalui Metode Certainty Of Response Index (CRI)
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada siswa kelas xi mia di sman 1 tarakan pada materi arcahebacteria dan eubacteria. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas xi mia di sma negeri 1 tarakan yang berjumlah 160 siswa dan sampel penelitian berjumlah 32 siswa. teknik sampling menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu purposive sampling. instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda beralasan terbuka dan disertakan dengan skala (cri)/tingkat keyakinan siswa dalam menjawab soal. hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi tertinggi yang dialami siswa terdapat pada subkonsep klasifikasi bakteri dan proses reproduksi pada bakteri. rata-rata persentase siswa yang mengalami miskonsepsi (m) sebesar 15%. maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi yang ditemukan di sma negeri 1 tarakan merupakan miskonsepsi dalam skala rendah dengan persentase 15% <41%.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi