
Pengaruh Country Of Origin dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk “Made In Korea” Dengan Consumer Ethnocentrism Sebagai Variabel Mediasi
Pengarang : Irma Adelia Saputri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari country of origin dan perceive quality terhadap keputusan pembelian produk “made in korea” dengan consumer ethnocentrism sebagai variabel mediasi (studi pada mahasiswa di tarakan). dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif disertai dengan penggunaan metode survei serta metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan metode yang digunakan adalah simple random sampling. penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus hair yang ditentu bahwa sampelnya terdiri dari 100 mahasiswa di tarakan. metode analisi data yang digunakan yaitu sem (structural equation modeling) yang dioperasikan didalam program smartpls versi 3.0. berdasarkan pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk “made in korea” sedang untuk country of origin terhadap keputusan pembelian, consumer ethnocentrism terhadap keputusan pembelian tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. hal itu sesuai dengan hasil uji pada pengaruh tidak langsung dari country of origin dan perceived quality melalui consumer ethnocentrism terhadap keputusan pembelian menunjukkan bahwa tidak teerdapat pengaru dari variabel tersebut. maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa di tarakan mempertimbangkan perceived quality dari poduk “made in korea” sebelum melakukan keputusan pembelian.
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the effect of country of origin and perceive quality on purchasing decisions for products made in korea with consumer ethnocentrism as a mediating variable (a study of students in tarakan). this research uses a quantitative approach accompanied by the use of survey methods and the sampling method used is the probability sampling technique with the method used is simple random sampling. determination of the number of samples is done by using a hair formula that is determined that the sample consists of 100 students in tarakan. the data analysis method used is sem (structural equation modeling) which is operated in the smartpls version 3.0 program. based on the results of this study indicate that perceived quality has a positive and significant influence on purchasing decisions for "made in korea" products while for country of origin for purchasing decisions, consumer ethnocentrism on purchasing decisions has no influence on purchasing decisions. this is consistent with the test results on the indirect effect of country of origin and perceived quality through consumer ethnocentrism on purchasing decisions indicating that there are no influencers of these variables. it can be concluded that students in tarakan consider the perceived quality of the product "made in korea" before making a purchase decision.