UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMP Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMP Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Khairun Nisa

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar biologi siswa. 2) pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar biologi. 3) interaksi antara model pembelajaran problem based learning dengan motivasi siswa terhadap hasil belajar biologi. jenis penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain faktorial 2×2. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas viii smp negeri 3 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas viii-6 dan viii-7. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, lembar penilaian diri, lembar penilaian keterampilan, lembar observasi dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: 1) model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar pada aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, tetapi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar aspek sikap. 2) motivasi siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan.

Abstrak Indonesia

This research aims to find out: 1) the effect of learning model problem based leraning on students’s biology learning result. 2) the effect of student’s motivation on biology leraning result. 3) the interaction between learning models problem based learning and student’s motivation on biology learning result. types of research uses quasi experiment with 2x2 factorial design. the population in ths research is all class eight in smpn 3 tarakan. taking sample is done as simple random sampling. sample in this research is class viii-6 and viii7. data collection is done by using a test, self-assessment sheet, sheet skills assessment, observation sheets, and documentation. data analysis techniques using descriptive and inferential analysis. descriptive analysis covering the arithmetic mean and standart deviation. inferential analysis using variance analysis of two paths. based on the result of the analysis, it can be concluded that: 1) learning model problem based learning effect on the learning result in the aspect of knowledge and skill aspect, but has no effect on learning result in attitude aspect. 2) student’s motivation influence on student learning result both in the aspect of knowledge, attitudes and skills. 3) there is no intraction between learning model problem based learning and leraning motivation to student’s leraning result both in the aspect of knowledge, attitudes and skills.