
Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Agung Superianto
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar biologi siswa kelas vii smp negeri 4 tarakan. hasil belajar dalam penelitian ini mengunakan tes pilihan ganda. penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret - april 2015 di smp negeri 4 tarakan. penelitian ini adalah jenis penelitian pre experiment dengan populasi siswa kelas x dan sampel yang digunakan 1 kelas. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. teknik pengumpulan data mengunakan tes pilihan ganda dianalisis mengunakan software spss 16.0 for windows. teknik analisis mengunakan uji-z dari wilcoxon sign rank test. analisis data hasil belajar diperoleh hasil analisis yang menunjukan bahwa z hitung ( - 4,426 ) lebih kecil dari probabilitas (? = 0,05 ). hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaraan dengan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas vii smp negeri 4 tarakan.
Abstrak Indonesia
The purpose of this research was to determine of the effect of learning with quantum teaching to the learning outcomes biological in class vii student of smp negeri 4 tarakan. learning outcomes in this study using achievement test to measure student lerning outcomes data collection techniques using a multiple – choice. this study was conducted in maret – april 2015 at smp negeri 4 tarakan. this study is a kind of pre –experimental research with class x student population and sample takeb from 1 classes.sampling using purposive sampling technique. sampling using techniques using a multiple – choice were analyzed using spss 16.0 for windows. mechanical analysis using z test of wilcoxon signed – rank test. the data analysis of learning outcomes obtained results of the analysis showed that z results ( -4,426 ) is smaller that the probability (? = 0,05 ). it shows that there is a learning effect of learning quantum teaching learning outcomes in class vii student of smp negeri 4 tarakan.