UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kemampuan Numerik Matematika Pada Siswa Kelas IV Di SDN 035 Tarakan

Deskripsi Kemampuan Numerik Matematika Pada Siswa Kelas IV Di SDN 035 Tarakan

Pengarang : Nurhalizah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan numerik matematika pada siswa kelas iv di sdn 035 tarakan. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di sdn 035 tarakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. penelitian ini difokuskan pada tingkat kemampuan numerik matematika pada siswa kelas iv. sumber data dalam penelitian ini yaitu mencakup data primer dan data sekunder dengan informan yaitu siswa kelas iv. teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan numerik, observasi, wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan numerik terkait dengan operasi hitung bilangan bulat siswa berada dalam kategori rendah. berdasarkan hasil penelitian: 1) siswa belum mampu melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. 2) siswa kebingungan dalam kaitannya dengan hasil penyelesaian ketika bilangan negatif dan bilangan positif berada dalam suatu operasi hitung bilangan, 3) siswa terkadang bingung dalam penyelesaiannya, dan terdapat beberapa siswa yang tidak paham dengan operasi hitung perkalian dan pembagian dasar sehingga membuat siswa kurang memiliki kemampuan numerik yang baik dan kesulitan dalam mengerjakan soal matematika. kata kunci: kemampuan numerik, kualitatif, matematika, sekolah dasar

Abstrak Indonesia

This research was conducted to describe the numerical abilities of mathematics in grade iv students at sdn 035 tarakan. this type of research uses qualitative research conducted at sdn 035 tarakan in the odd semester of the 2020/2021 school year. this research is focused on the level of numerical mathematics ability of grade iv students. sources of data in this study include primary data and secondary data with informants, namely grade iv students. the data collection techniques used were numerical ability tests, observation, interviews and documentation. the results of this study indicate that the level of numerical ability associated with the students' integer arithmetic operations is in the low category. based on the results of the study: 1) students have not been able to perform integer arithmetic operations in addition, subtraction, multiplication and division. 2) students are confused in relation to the results of completion when negative numbers and positive numbers are in a numerical count operation, 3) students are sometimes confused in the solution, and there are some students who do not understand basic multiplication and division counting operations so that students lack the ability good numeric and difficulty in doing math problems. keywords: numerical ability, qualitative, mathematics, elementary school