UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Booklet Berbasis Kelimpahan Dan Dominansi Kelas Pisces Di Sungai Sedulun Bagi Kelas X SMA Hang Tuah Tarakan

Pengembangan Media Booklet Berbasis Kelimpahan Dan Dominansi Kelas Pisces Di Sungai Sedulun Bagi Kelas X SMA Hang Tuah Tarakan

Pengarang : Eva Rosminah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan di sma hang tuah tarakan tahun ajaran 2020/2021. tujuan penelitian ini adalah mengembangkan booklet berbasis kelimpahan dan dominansi yang mengangkat potensi lokal di sungai sedulun sebagai media pembelajaran yang layak untuk siswa kelas x sma hang tuah tarakan. model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model borg and gall. model borg and gall terdiri dari sepuluh tahapan yang terdiri dari: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi. tahap pengujian produk melalui 2 tahapan, yaitu penilaian para ahli dan respon pengguna. pada penilaian para ahli divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli praktisi (guru yang mengajar). pada uji coba kelompok kecil dilakukan pada 6 siswa. pada uji coba lapangan dilakukan pada 36 siswa. hasil analisis menunjukkan bahwa produk booklet berbasis potensi lokal, yakni kelimpahan dan dominansi kelas pisces di sungai sedulun bagi kelas x sma yang dikembangkan berdasarkan validasi oleh ahli isi atau materi memperoleh kategori sangat layak dengan persentase 87,5%, ahli media memperoleh kategori layak dengan persentase 79,125% dan praktisi dengan kategori sangat layak dengan persentase 90,97%. sedangkan, dari hasil penelitian di lapangan oleh respon pengguna siswa diperoleh perentase 81,20% dengan kategori sangat layak. karena telah memenuhi syarat layak yang terdiri dari aspek kelayakan isi atau materi, kelayakan media, dan kelayakan respon pengguna, maka booklet berbasis kelimpahan dan dominansi kelas pisces di sungai sedulun bagi kelas x sma hang tuah tarakan layak digunakan.

Abstrak Indonesia

This research is a research and development conducted at sma hang tuah tarakan in the 2020/2021 school year. the purpose of this study was to develop an abundance and dominance-based booklet that raises the local potential of the sedulun river as a suitable learning medium for grade x students of sma hang tuah tarakan. the development model used is a modified borg and gall model. the borg and gall model consists of ten stages consisting of: potentials and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision, usage testing, product revision, and production. the product testing stage goes through 2 stages, namely expert judgment and user response. the expert judgment is validated by material experts, media experts and practitioner experts (teachers who teach). in small group trials conducted on 6 students. in field trials conducted on 36 students. the results of the analysis show that booklet products based on local potential, namely the abundance and dominance of the pisces class in the sedulun river for class x sma which were developed based on validation by content or material experts obtained a very feasible category with a percentage of 87.5%, media experts obtained a decent category with a percentage 79.125% and practitioners in the very feasible category with a percentage of 90.97%. meanwhile, from the results of research in the field by student user responses obtained a percentage of 81.20% with a very feasible category. because it has met the proper requirements which consist of aspects of content or material feasibility, media feasibility, and user response appropriateness, the pisces class abundance and dominance-based booklet for class x hang tuah tarakan high school is suitable for use.