
Strategi Promosi Sayuran Hidroponik Di UKM Starkhydro Kota Tarakan
Pengarang : Muhammad Nur Idzam
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Komoditas sayuran memiliki peranan yang penting dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi pangan dan gizi manusia. permintaan terhadap komoditas sayuran segar terus meningkat. namun kendala pertanian konvensional di tarakan yang kurang menunjang, lahan yang terbatas, dan curah hujan yang cukup tinggi atau kekeringan yang kerap melanda. situasi tersebut mengakibatkan penggunaan pupuk kimia kurang efektif karena pencucian hara tanah, sehinggah tingkat kesuburan tanah menjadi rendah. adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dalam promosi sayuran hidroponik di ukm starkhydro kota tarakan (2) untuk menganalisis strategi promosi sayuran hidroponik di ukm starkhydro kota tarakan. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 10 responden. analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis swot. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal meliputi: kekuatannya tidak memakai pestisida, proses perawatan mudah diterapkan pada industri kecil, harga yang bersaing sedangkan kelemahannya meliputi kekurangan lahan, letak wilayah kurang strategis, modal petani kurang. faktor eksternal meliputi: peluang potensi pasar yang cukup besar, potensi sdm yang mendukung, menyadarkan masyarakat akan pentingnya makan sehat dan bergizi, sedangkan ancamannya meliputi: munculnya pesaing dengan mutu kualitas yang baik, peningkatan biaya produksi dan pemasaran, pengaruh cuaca. hasil analisis swot menunjukkan posisi berada di kuadran i dengan nilai ifas adalah 0,94 dan nilai efas adalah 0.67 yang berarti keadaan petani mendukung strategi agresif. kata kunci: strategi, promosi, hidroponik
Abstrak Indonesia
Vegetable commodities have an important role in meeting the needs of human food consumption and nutrition. the demand for fresh vegetable commodities continues to increase. however, the constraints of conventional agriculture in tarakan are not very supportive, limited land, and high rainfall or frequent drought. this situation makes the use of chemical fertilizers less effective due to leaching of soil nutrients, resulting in low soil fertility. the objectives of this study are: (1) to determine internal and external factors in the promotion of hydroponic vegetables in the starkhydro ukm, tarakan city (2) to analyze the promotion strategy of hydroponic vegetables in the starkhydro ukm, tarakan city. the method used in this research is purposive sampling with a sample size of 10 respondents. the analysis used is descriptive qualitative analysis and swot analysis. the results of this study indicate that internal factors include: their strengths are not using pesticides, the maintenance process is easy to apply to small industries, competitive prices, while the weaknesses include lack of land, less strategic location, less farmer capital. external factors include: quite large market potential opportunities, the potential for supporting human resources, making people aware of the importance of healthy and nutritious eating, while threats include: the emergence of competitors with good quality quality, increased production and marketing costs, the influence of weather the results of the swot analysis show that the position is in quadrant i with an ifas value of 0.94 and an efas value of 0.67, which means that the condition of the farmer supports the aggressive strategy. keywords: strategy, promotion, hydroponics