UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor yang Mempengaruhi Brand Switching Pada Pengguna Shampo Clear

Faktor yang Mempengaruhi Brand Switching Pada Pengguna Shampo Clear

Pengarang : Ratna Jely Rosa

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Berkembangnya industri customer goods atau personal care yang membuat kemunculan berbagai macam produk sejenis dengan merek berbeda berpotensi mendorong keinginan konsumen untuk mencoba sesuatu yang baru. timbulnya rasa ingin tahu konsumen terhadap suatu produk baru mendorong konsumen untuk melakukan perpindahan merek. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor penyebab perpindahan merek yang dilakukan konsumen. faktor-faktor tersebut adalah harga, ketidakpuasan konsumen, variety seeking, dan iklan. penelitian ini dilakukan pada pengguna shampo clear dan melakukan perpindahan merek dengan jumlah sampel sebanyak 270 responden dengan menggunakan purposive sampling. analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : y = -0.623 + 0.131x1 + 0.321x2 + 0.409x3 + 0.203x4 + e dimana perpindahan merek (y), harga (x1), ketidakpuasan konsumen (x2), variety seeking (x3) dan iklan (x4). hasil pegujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel harga, ketidakpuasan konsumen, variety seeking dan iklan terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap perpindahan merek.

Abstrak Indonesia

The development of the customer goods industry or personal care that makes the emergence of various types of similar products with different brands has the potential to encourage consumers to try something new. the emergence of consumer curiosity about a new product encourages consumers to make a brand shift. the purpose of this study was to determine the effect of factors that cause brand transfer by consumers. these factors are price, consumer dissatisfaction, variety seeking, and advertising. this research was conducted on clear shampoo users and carried out a brand shift with a total sample of 270 respondents using purposive sampling. analysis of the data used in this study uses multiple regression so as to produce the regression equation as follows: y = -0.623 + 0.131x1 + 0.321x2 + 0.409x3 + 0.203x4 + e where brand displacement (y), price (x1), consumer dissatisfaction ( x2), variety seeking (x3) and advertising (x4). the results of hypothesis testing using the t test show that the variable price, consumer dissatisfaction, variety seeking and advertising have been shown to significantly influence brand shifts.