
Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Ahmat Agus Salim
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas viii smp muhammadiyah 1 tarakan. jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitaif dengan metode survey. penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. populasi penelitian ini adalah siswa kelas viii yang terdiri dari 1 kelas. sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yang menekankan pada teknik sampling jenuh. adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara signifikan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. adapun persentase kategori pada minat belajar siswa, yaitu, pada kategori tinggi sebesar 38,9%, kategori sedang sebesar 27,8%, dan kategori rendah sebesar 11,1%, dan siswa yang memiliki kategori sangat rendah sebesar 22,4%. dalam analisis regresi sederhana, terdapat pengaruh secara signifikan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan persamaan regresi ?= 8,115 + 0,646 x. minat belajar siswa memberikan pengaruh secara signifikan sebesar 33,1% terhadap prestasi belajar matematika siswa. kata kunci: minat belajar, prestasi belajar
Abstrak Indonesia
This study aims to determine: the effect of student interest in learning mathematics achievement of class viii students of smp muhammadiyah 1 tarakan. this type of research is a type of quantitative research with survey methods. this research was conducted in the even semester of the 2020/2021 school year. the population of this study were students of class viii which consisted of 1 class. the sample in this study amounted to 18 students taken using the nonprobability sampling technique which emphasizes saturated sampling technique. the data collection techniques in this study were to use questionnaires and documentation. the data analysis technique used descriptive analysis and simple linear regression analysis. the results showed that there was a significant influence on students' interest in learning mathematics achievement. the percentage of categories in student interest in learning, namely, in the high category was 38.9%, the medium category was 27.8%, and the low category was 11.1%, and students who had the very low category were 22.4%. in simple regression analysis, there is a significant effect of student interest in mathematics learning achievement with the regression equation ? = 8.115 + 0.646 x. student interest has a significant effect of 33.1% on student mathematics achievement. keywords: learning interest, learning achievement