
Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Winda Desy Fitri Istikomah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara melatih kemampuan penalaran matematis siswa kelas xi ips sma negeri 2 tarakan. penelitian ini dilaksanakan di sma negeri 2 tarakan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas xi ips sebanyak dua orang yang dipilih dengan purposive sampling. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. pengumpulan data dilakukan dengan wawancara subjek dan informan, observasi proses pembelajaran, serta analisis dokumen buku catatan. data yang telah diperoleh kemudian dituliskan dalam catatan lapangan untuk memudahkan dalam melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. untuk mengecek keabsahan data guna mendapatkan data yang valid peneliti melakukan triangulasi sumber dengan mewawancarai subjek dan informan teman subjek, orang tua, guru; triangulasi waktu dengan mewawancarai subjek pada waktu dan hari yang berbeda; triangulasi teknik melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen; member check. berdasarkan hasil keabsahan data dapat disimpulkan bahwa siswa kelas xi ips sma n 2 tarakan melatih kemampuan penalaran matematis dengan cara 1) menerapkan prinsip pantang menyerah, selalu berusaha, berani bertanya dalam memecahkan masalah; 2) berpikir secara logis dengan selalu mengecek ulang informasi yang diperoleh dan mencoba berdiskusi dengan orang yang lebih tua untuk membedakan secara baik antara respon jawaban yang salah atau benar; 3) menerapkan pengetahuan terhadap persoalan khusus atau cara pandang yang baru di dalam kehidupan sehari-hari, membantu teman dengan memberikan contoh lebih khusus agar mudah dipahami, dan mencoba mengerjakan soal matematika menggunakan cara sendiri; 4) menyimpan sejumlah besar informasi ke dalam ingatannya dengan mencatat setiap informasi pada saat pembelajaran matematika yang diperoleh; 5) menerapkan prinsip selalu memahami terlebih dahulu masalah yang ada dan tidak mudah tergesa-gesa dalam mengenal, memahami dan menghubungkan adanya perbedaan maupun persamaan diantara berbagai hal. kata kunci: kualitatif studi kasus, matematika, penalaran
Abstrak Indonesia
This study aims to determine how to train the students' mathematical reasoning skills of class xi ips at sma negeri 2 tarakan. this research was conducted at sma negeri 2 tarakan with the research subjects were two students of class xi ips who were selected by purposive sampling. this type of research used in this research is a qualitative case study research. data collection was carried out by interviewing subjects and informants, observing the learning process, and analyzing notebook documents. the data that has been obtained are then written down in field notes to facilitate data reduction, data presentation and drawing conclusions. to check the validity of the data in order to obtain valid data, the researcher triangulated the source by interviewing the subject and informants of the subject's friends, parents, teachers; time triangulation by interviewing subjects at different times and days; technical triangulation through interviews, observation, and document analysis; member check. based on the results of the validity of the data, it can be concluded that the class xi ips students of sma n 2 tarakan practice mathematical reasoning skills by 1) applying the principle of never giving up, always trying, having the courage to ask questions in solving problems; 2) think logically by always double-checking the information obtained and trying to discuss with older people to properly differentiate between wrong and correct responses; 3) applying knowledge of special problems or new perspectives in everyday life, helping friends by giving more specific examples so that they are easy to understand, and trying to do math problems using their own way; 4) storing a large amount of information into his memory by recording every information during the mathematics learning that is obtained; 5) applying the principle of always understanding the existing problems in advance and not being in a hurry to recognize, understand and relate the differences and similarities between various things. keywords: qualitative case studies, mathematics, reasoning