UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan Di Masa Pandemi

Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan Di Masa Pandemi

Pengarang : nuryunita

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 4 tarakan di masa pandemi. penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. populasi dalam penelitian ini berjumlah 356 siswa kelas viii smp negeri 4 tarakan dan sampel penelitian berjumlah 117 dengan penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling. data diperoleh berdasarkan skor dari angket penggunaan media pembelajaran dan angket motivasi belajar serta soal pilihan ganda, kemudian dianalisis dengan uji korelasi sederhana dan korelasi berganda. hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,156 dan terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 serta terdapat hubungan secara bersama-sama antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 4 tarakan di masa pandemi dengan nilai signifikansi sebesar 0,001.

Abstrak Indonesia

This study aims to determine whether there is a relationship between the use of instructional media and learning motivation on the learning outcomes of class viii students of smp negeri 4 tarakan during the pandemic. this research is a correlation study with a quantitative descriptive approach. the population in this study amounted to 356 students of class viii smp negeri 4 tarakan and the research sample amounted to 117 with the determination of the sample using purposive sampling type nonprobability technique. the data were obtained based on the scores from a questionnaire on the use of learning media and a questionnaire on learning motivation and multiple choice questions, then analyzed using a simple correlation test and multiple correlation. the results showed that there was no relationship between the use of learning media on student learning outcomes with a significance value of 0.156 and there was a relationship between learning motivation and student learning outcomes with a significance value of 0.000 and there was a joint relationship between the use of learning media and learning motivation towards the learning outcomes of class viii students of smp negeri 4 tarakan during the pandemic with a significance value of 0.001.