UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Media Kalender Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di Kelas II-B SDN 013 Tarakan

Pengaruh Penggunaan Media Kalender Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di Kelas II-B SDN 013 Tarakan

Pengarang : Winda Sari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kalender cerita berbasis pendidikan karakter terhadap kemampuan membaca permulaan di kelas ii-b sdn 013 tarakan. jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. metode dipergunakan karena penelitian ini menguji hipotesis bagaimana pengaruh penggunaan media kalender cerita berbasis pendidikan karakter terhadap kemampuan membaca permulaan di kelas ii-b sdn 013 tarakan. penelitian dilaksanakan dengan mendatangi rumah siswa yang berada di kawasan kampung 6 dan kampung 4. penelitian ini dilakukan pada bulan mei hingga bulan juli 2020. dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas (independen) penggunaan media kalender cerita berbasis pendidikan karakter dan variabel terikat (dependen) kemampuan membaca permulaan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara penggunaan media kalender cerita berbasis pendidikan karakter terhadap kemampuan membaca permulaan di kelas ii-b sdn 013 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linier sederhana melalui uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 2,230 dan ttabel pada taraf signifikan ? = 0,05/ dan dk = n-2= 13 sebesar 2,160. karena nilai thitung sebesar 2,230 > ttabel sebesar 2,160 dan signifikansi sebesar 0,044 < 0,05. sehingga thitung > ttabel dengan ketentuan h0 ditolak dan ha diterima. kata kunci: penggunaan media kalender cerita berbasis pendidikan karakter, membaca permulaan

Abstrak Indonesia

This study aims to determine the effect of using character education-based story calendar media on the ability to read early in class ii-b sdn 013 tarakan. this type of research is quantitative research. the method was used because this study tested the hypothesis of how the influence of using a character education-based story calendar media on the pre-reading ability in class ii-b sdn 013 tarakan. the research was carried out by visiting students' houses in the area of ??village 6 and village 4. this research was conducted from may to july 2020. in this study there were two variables, namely the independent variable (independent) use of character education-based story calendar media and the dependent variable. (dependent) prefix reading ability. the results of this study indicate that there is an influence between the use of character education-based story calendar media on the ability to read beginning in class ii-b sdn 013 tarakan. this can be seen from the results of simple linear regression analysis through t-test, the tcount is 2.230 and the ttable is at a significant level ? = 0.05 / and dk = n-2 = 13 is 2.160. because the value of tcount is 2,230 > ttable is 2,160 and the significance is 0.044 < 0.05. so that tcount > ttable provided that h0 is rejected and ha is accepted. keywords: use of character education-based story calendar media, beginning reading