
Identifikasi Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sebatik Tengah Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Instrumen Two Tier Multiple Choice
Pengarang : Basnawati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020Abstrak Indonesia
Higher order thinking skills (hots) dalam pembelajaran merupakan penerapan proses berpikir untuk situasi yang kompleks. semua siswa dapat berpikir, tetapi kebanyakan dari siswa membutuhkan dorongan dan bimbingan untuk proses berpikir tingkat tinggi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan hots siswa kelas xi sma negeri 1 sebatik tengah pada mata pelajaran biologi menggunakan instrumen soal two tier multiple choice yang terdiri atas 24 butir soal dan sebaran taksonomi kognitif siswa dalam menjawab soal pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik sampling jenuh dengan menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian, yaitu 55 siswa yang terdiri dari dua kelas. berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan yang didapatkan tingkat kemampuan higher order thinking skills siswa kelas xi sma negeri 1 sebatik tengah berdasar hasil tes yang diberikan menunjukkan secara umum berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 30,99. kemudian untuk sebaran taksonomi kognitif dari jawaban siswa terhadap soal tes berada pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata paling tinggi sebesar 12,54 c5, 12,05 c4, dan 9,28 untuk c6.
Abstrak Indonesia
Higher order thinking skills (hots) in learning is the application of a thinking process to complex situations. all students can think, but most of them need encouragement and guidance for higher order thinking processes. this study aims to determine the hots ability of class xi students of sma negeri 1 sebatik tengah in biology subjects using a two tier multiple choice question instrument consisting of 24 items and the distribution of students' cognitive taxonomy in answering questions in the even semester of the 2019/2020 school year. this type of descriptive quantitative research with saturated sampling technique using the entire population as the research sample, namely 55 students consisting of two classes. based on the research that has been done, the conclusion obtained is that the level of ability of the higher order thinking skills of class xi students of sma negeri 1 sebatik tengah based on the test results given shows that in general they are in the low category with an average value of 30.99. then for the distribution of cognitive taxonomy of students' answers to the test questions was in the very low category with the highest average value of 12.54 c5, 12.05 c4, and 9.28 for c6.