
Pengaruh Dimensi Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kecamatan Tarakan Timur
Pengarang : Sirajuddin
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: dimensi gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone samsung di kecamatan tarakan timur. dimana diajukan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat, yaitu aktivitas, minat dan opini berperan sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 130 orang. metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji f . hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara aktivitas, minat dan opini terhadap keputusan pembelian. hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan (pvalue)=0,015 < (0,025). minat secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan (p-value) = 0,000 < ? (0,025). opini secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan (pvalue) = 0,004 < ? (0,025). secara keseluruhan gaya hidup yang terdiri dari aktivitas, minat, dan opini secara serempak atau bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone samsung di kecamatan tarakan timur dilihat dari f hitung sebesar 15.431 dan signifikasi 0,00 < ? (0,025). sehingga penelitian ini memberikan hasil yang mendukung teori gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the effect: dimensions lifestyle buying decision against samsung smartphone in district east tarakan. where the proposed three independent variables and the dependent variable, namely the activities, interests and opinions act as independent variables and the dependent variable purchase decision. the sampling methodusedis nonprobability sampling and the sampling technique used was purposive sampling with a sample of 130 people. the method of analysis in this study using multiple regression analysis. statistical testing in this study using the t test and f. the results showed asignificant influence among the activities, interests and opinions on purchasing decisions. the results showed that the activity is significantly positive effecton purchasing decisions with (p-value) =0.015< (0.025). interests significantly positive effecton purchasing decisions with (p-value)=0,000< (0.025). opinion significantly positive effecton purchasing decisions with (p-value) =0.004< (0.025). overall lifestyle consisting of activities, interests, and opinion simultane ously or jointly influenceon purchasing decisions smartphone samsung in the district of east tarakan view sof f arithmetic amounted to 15,431 and significance of 0.00