
Analisis Pola Konsumsi Rumah Tangga Masyarakat Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Tarakan Barat Kota Tarakan
Pengarang : Diti Bhakti Hangraini
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola konsumsi rumah tangga masyarakat kelurahan karang anyar kecamatan tarakan barat kota tarakan. dimana penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan data pendapatan, konsumsi dan tabungan beberapa rumah tangga kelurahan karang anyar yang dipilih secara acak (random). hasil penelitian menunjukkan average propensity to consume (apc) = 0,681 dimaksudkan bahwa konsumsi rata-rata apabila dihitung dalam % (persentase), 68,1% pendapatan masyarakat kelurahan karang anyar rata-rata digunakan untuk konsumsi, dan average propensity to save (aps) = 0,315 dimaksudkan bahwa tabungan rata-rata apabila dihitung dalam % (persentase), 31,5% pendapatan masyarakat kelurahan karang anyar digunakan untuk menabung atau hal-hal lain, serta marginal propensity to consume (mpc) yaitu kecendrungan perubahan konsumsi sehubungan adanya kenaikan atau penurunan pendapatan dimana nilai mpc = nilai koefisien regresi b (0,6 x besarnya kenaikan nilai pendapatan)
Abstrak Indonesia
This study aimed to analyze the pattern of household consumption village community karang anyar district of west tarakan tarakan city. where this study using a simple linear regression analysis using the data of income, consumption and saving some karang anyar village households randomly selected (random). the results showed average propensity to consume (apc) = 0.681 meant that the average consumption when calculated in% (percentage), 68.1% karang anyar village community income on average is used for consumption, and average propensity to save (aps) = 0.315 meant that the average savings when calculated in% (percentage), 31.5% of income karang anyar village people used to save money or other things, and the marginal propensity to consume (mpc) is the tendency of consumption changes with respect to the increase or the reduction in income where the value mpc = regression coefficient b (0.6 x the amount of the increase in the value of revenue)