
Analisis Pengaruh Biaya Operasional Kendaraan Dan Tarif Angkutan Terhadap Pendapatan Jasa Angkutan Umum Di Kota Tarakan
Pengarang : Anilla Nengsih
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Dalam penulisan ini penelitian dilakukan di kota tarakan dengan data yang diperoleh dari dinas perhubungan (dishub) kota tarakan dan badan pusat statistik (bps) kota tarakan. jasa angkutan umum atau kota bukan hanya sebagai jasa angkutan saja, tetapi jasa angkutan juga sebagai salah satu pekerjaan para pengemudi untuk mencari pendapatan rumah tangga mereka, juga sebagai penujang tercapainya aktivitas ekonomi dalam mempersingkat waktu tempuh yang dituju para pengguna jasa angkutan, dimana dalam jasa angkutan ini juga dituntut adanya perawatan angkutan yang layak dan pemberlakuan tarif atas jasa yang telah diberikan si pengemudi kepada pengguna jasa angkutan. permasalahan yang diangkat dalam penulisan penelitian ini adalah bagaimana biaya operasional kendaraan dan tarif angkutan terhadap pendapatan jasa angkutan umum di kota tarakan secara simultan dan parsial. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya operasional kendaraan dan tarif angkutan terhadap pengaruh pendapatan jasa angkutan umum secara simultan dan parsial. alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan metode ordinary least square (ols). hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh biaya operasional dan tarif angkutan yang signifikansi terhadap pendapatan jasa angkutan umum di kota tarakan baik secara simultan dan parsial. dimana koefisiensi biaya operasional kendaraan 1,82% dan koefisiensi regresi tarif angkutan 0,52%. penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai satu bahan informasi atau menambah khasanah ilmu pengetahuan tentang jasa angkutan dan memberikan masukan kepada pemerintah daerah dalam membuat kebijakan terkait dengan perkembangan angkutan dan kebijakan tarif dan biaya operasional kendaran.
Abstrak Indonesia
This written has been researhed in tarakan based real data from dinas perhubungan (dishub) tarakan and badan pusat statistik (bps) tarakan. the public transportation is kind job in people tarakan city to get income for support family necessary and that will support economi activity because it help people when they want go to long distance just need short time for make consumen comfortable and enjoy to use this transportation, then agent transportation must prepare unit with best performance to support them service. problem for this case is how cost operational and tariff transportation toward income public transportation service in tarakan city by simultaneouly and partially. purpose this research is to know influence operational cost and transportation tariff toward income service transportation by simultaneosly and partially. analysis equipment has used for this research is multiple linear regression analysis with ordinary least square (ols). result form this research have indicate that no signifikan influence among operational cost and transport tariff among income transport public service in tarakan by simultaneously and partially. where coefficientcy operational cost unit 1,86% and coefficientcy regrecy tariff transportation 0,60%.this research hopes can be information or increase knowledge about progress public transportation service and as input to goverment for make policy about progress public transportation, tariff, and operational cost vehicle.