UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Eksternalitas Jumlah Kendaraan Bermotor Dan Pertambahan Panjang Jalan Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Di Kota Tarakan

Eksternalitas Jumlah Kendaraan Bermotor Dan Pertambahan Panjang Jalan Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Di Kota Tarakan

Pengarang : Fransiska

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dilakukan di kota tarakan. dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana eksternalitas jumlah kendaraan bermotor dan pertambahan panjang jalan terhadap sosial ekonomi masyarakat kota tarakan dan juga untuk mengetahui bagaimana hubungan antara jumlah kendaraan bermotor dan pertambahan panjang jalan terhadap tingkat kecelakaan lalu lintas dan pertumbuhan ekonomi di kota tarakan. data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. data primer adalah data yang diperoleh dari pengguna jalan dan masyarakat yang tinggal di pinggir jalan di kota tarakan dengan cara menyebarkan kuisioner. sedangkan data sekunder yaitu yang diperoleh dari badan pusat statistik. variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel dependen dan variabel independen. variabel independen yaitu variabel jumlah kendaraan bermotor dan pertambahan panjang jalan, sedangkan yang menjadi variabel dependen yaitu tingkat kecelakaan lalu lintas dan pertumbuhan ekonomi. sehingga dari hasil analisis korelasi diperoleh bahwa variabel jumlah kendaraan bermotor (x1) memiliki hubungan negatif tidak signifikan terhadap tingkat kecelakaan lalu lintas di kota tarakan (y1) dan memliki hubungan negatif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di kota tarakan (y2). sedangkan variabel panjang jalan (x2) memiliki hubungan positif signifikan terhadap tingkat kecelakaan lalu lintas di kota tarakan (y1) dan memiliki hubungan positif tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di kota tarakan (y2).

Abstrak Indonesia

This research was conducted in tarakan city. there were two research objectives, the first is to know how the externalisation of the number of added motorcycle and the number of road vehicles toward the social economics of tarakan society, the second is correlation between the number of added motorcycle and the number of road vehicles toward the road accident. the research main data were primary and secondary. the primary data was taken from the road users and then society who live in rural area through questionnaires, and the secondary data was taken from statistic center of tarakan city. the research variabels were independent and dependent variabel. independen variabel was the number of motorcyccle and added road vehicles, while the dependent variabel was the road accident and economic growing. the research result can be revealed that there was a negatif correlation between x1 and y1, also y1. meanwhile, there was a positif between the x2 variabel and y1, also y2.